Thursday, August 24, 2017

GALENA DALAM GAMBAR

loading...
Sesi geologi dalam gambar kali ini memperlihatkan kenampakan galena beserta penjelasannya. Galena merupakan bijih utama timbal (timah hitam) dengan ciri khas utama mengandung 86,6% timbal dan 13,4% sulfur.

GALENA


Galena
Kiri - Galena Crystals:
Foto kristal galena kubik yang bagus dengan kristal kalsit yang berdekatan. Kristal galena kira-kira dua inci di sampingnya. Dikumpulkan dari Tambang Sweetwater, Reynolds County, Missouri. Gambar by Arkenstone.

Kanan - Argentiferous Galena:
Argentiferous Galena dari Coeur d'Alene, Idaho. Spesimen berukuran sekitar 6,4 cm. Biasanya Argentiferous Galena memiliki kandungan perak tinggi, sehingga jenis galena tersebut dapat di tambang sebagai bijih perak. Beberapa tambang galena lebih banyak menghasilkan perak daripada produksi utama mereka yaitu timbal. Gambar by Flickr.

Galena
Struktur Kimia Galena:
Galena memiliki komposisi kimia PbS. Itu berarti mengandung jumlah ion timbal dan sulfida yang sama. Ion-ion itu disusun dalam pola kubik yang berulang ke segala arah. Struktur inilah yang menyebabkan kristal galena memiliki bentuk kubik dan menyebabkan galena pecah dalam tiga arah pada sudut siku-siku.
loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner