Rabu, 19 Juli 2017

Tenaga Endogen Adalah Tenaga Dari Bawah Permukaan Bumi, Ini Pengertian Lengkapnya

Menurut ilmu geologi, tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi (bawah permukaan). Bumi dibentuk oleh banyak proses geologi yang berbeda-beda. Kekuatan yang menyebabkan perubahan fitur bumi dapat berasal dari atas permukaan maupun dibawah permukaan bumi. Tenaga endogen mewakili kekuatan bawah permukaan sedangkan tenaga eksogen merupakan kekuatan dari atas permukaan.

Tenaga endogen sebagian besar diakibatkan oleh energi panas (thermal) mantel dan kerak bumi. Energi termal ini berasal dari peluruhan atau disintegrasi unsur radioaktif seperti uranium, torium, dan potassium serta perbedaan gravitasi di dalam mantel bumi. Pergerakan lempeng litosfer diperkirakan dihasilkan oleh arus konveksi energi panas di dalam mantel.

Sedikitnya ada 3 macam tenaga endogen paling utama, yaitu: melipat (fold), mensesarkan (fault), dan vulkanisme. Mereka sering terbentuk di sepanjang batas lempeng, yaitu zona yang terletak di tepian lempeng bumi. Zona disepanjang batas lempeng merupakan zona paling lemah.

Contoh tenaga endogen baik itu proses maupun fitur yang dihasilkannya adalah: gempabumi, kemunculan dan perkembangan benua, palung laut, gunung-pegunungan, aktivitas vulkanik, metamorfisme batuan, deformasi, serta pergerakan kerak baik secara vertikal maupun lateral.

Banyak sistem pegunungan seperti Himalaya merupakan produk tumbukan lempeng litosfer. Pergerakan pecahan lempeng, lipatan batuan, dan tumbukan (collision) dapat menghasilkan rangkaian pegunungan luas maupun kerucut vulkanik. Tenaga ini juga dapat menghasilkan bentang alam dipermukaan, contohnya bentang alam struktural.

jenis-contoh-macam-macam-tenaga-endogen

Pertanyaan yang sering berhubungan dengan proses-proses endogen adalah sebagai berikut:
  • Sebutkan macam-macam tenaga endogen ?
  • Sebutkan contoh tenaga endogen ?
  • Jelaskan jenis-jenis tenaga endogen ?

Untuk mengenal lebih jauh mengenai proses endogen, silahkan menuju ke artikel geologinesia pada link dibawah ini:
1. Mengenal Orogenesa sebagai Gerak Pembentuk Pegunungan
2. Jenis dan Proses Terbentuknya Batu Marmer