Senin, 24 Juli 2017

Metadata Adalah Kumpulan Aspek Data, Ini Pengertian Lengkapnya Dalam Konteks SIG

Pengertian metadata adalah data yang mengandung informasi mengenai satu atau beberapa aspek data. Secara sederhana metadata dapat diartikan sebagai "data tentang data". Metadata pada umumnya ditampilkan dalam format dokumen XML (Extensible Markup Language), yang berisikan informasi dasar mengenai data apa, siapa, dimana, kapan, mengapa serta bagaimana sumber data tersebut.

Baca juga: Pengertian SIG Menurut Para Ahli

Geospasial metadata biasanya dibuat dalam bentuk dataset SIG (GIS), dan juga citra satelit (penginderaan jauh). Metadata biasanya berisikan informasi seperti tanggal pembuatan, abstrak, judul, publikasi, cakupan area, proyeksi maupun informasi lainnya. Ada 2 konsep metadata yaitu:
  1. Metadata Struktural ; mengandung pesan dan spesifikasi data
  2. Metadata Deskriptif ; menjelaskan mengenai isi daripada data.

Metadata terdiri atas beberapa jenis standar dalam menampilkan data. Secara sederhana yang dimaksud dengan standar metadata adalah satu set terminologi serta definisi umum yang digunakan dalam metadata serta dipresentasikan dalam format terstruktur.

Standar metadata spasial SIG dibuat dan dikembangkan untuk mendefinisikan informasi yang diperlukan oleh seorang pengguna prospektif untuk mengetahui ketersediaan suatu set data spasial SIG, mengetahui kesesuaian set data spasial SIG untuk penggunaan yang diinginkan, mengetahui cara-cara pengaksesan data spasial SIG serta untuk mentransfer set data spasial SIG dengan sukses.

Walaupun demikian standar tidak menetapkan tatacara bagaimana informasi diorganisasikan dalam suatu sistem komputer atau dalam suatu transfer data, tidak juga menetapkan tatacara bagaimana informasi tersebut ditransmisikan, dikomunikasikan atau disampaikan kepada pengguna. Jika standar metadata geospasial (SIG) terkesan sangat komplek itu karena standar tersebut didesain untuk mendeskripsikan seluruh data geospasial yang bisa dideskripsikan.

Pengertian Metadata Adalah Kumpulan Satu Atau Beberapa Aspek Data

Komunitas internasional melalui International Organization of Standards (ISO), telah membangun dan menyetujui standar internasional metadata ISO 19115 pada tahun 2003. Standar ini adalah standar terlengkap dan terinci dengan acuan sangat luas sehingga pengguna dapat mengidentifikasi, mengevaluasi, mendapatkan dan menggunakan data. Salah satu keunggulan ISO 19115 adalah bisa memberikan tampilan yang lebih lengkap serta memudahkan pencarian yang lebih detail. Hanya saja cakupan aplikasi spasial yang luas menyebabkan ISO 19115 memiliki struktur yang lebih rumit.

Dalam aplikasinya, tidak semua elemen dalam ISO 19115 harus digunakan. Setiap negara bisa mengembangkan profil metadata ISO 19115 nya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini ISO 19115 menetapkan metadata utama (core) yang harus ada dalam suatu sistem metadata.

Baca juga: Jenis-jenis Data Spasial SIG

Indonesia termasuk negara yang belum mengadopsi standar ISO untuk pembuatan metadata geospasialnya. Saat ini, masyarakat data spasial Indonesia yang tergabung ISDN, masih menggunakan Content Standards for Digital Geospasial Metadata, yaitu standar yang berisi sekumpulan istilah dan definisi umum untuk mendokumentasikan data spasial digital yang telah disetujui oleh Federal Geographic Data Committee (FGDC). Standar ini juga menetapkan nama, definisi unsur data dan group data dalam penyusunan metadata geospasial.

Pencarian lainnya berhubungan dengan artikel ini adalah: metadata adalah, contoh metadata, pengertian metadata, contoh metadata basis data, cara membuat metadata, peranan metadata, penerapan metadata, fungsi metadata, jenis metadata, apa itu metadata, pengertian metadata dan contohnya.

Manfaat ataupun Fungsi Metadata SIG diantaranya adalah:
  • Metadata membantu mengorganisasi mengelola data.
  • Pengguna dapat mengetahui lokasi penyimpanan data spasial SIG dan cakupan areal yang dipetakan.
  • Menghindari adanya duplikasi karena data yang sudah dibuat tercatat dengan baik dan diketahui.
  • Metadata mempromosikan ketersediaan data spasial SIG pada komunitas geospasial.
  • Koleksi metadata dibuat berdasarkan dan diperkuat oleh prosedur data management oleh komunitas geospasial.
  • Penyedia data dapat mempromosikan ketersediaan data dan memungkinkan kerjasama dengan pihak lain untuk update dan lain-lain