Jumat, 14 Juli 2017

Geyser Adalah Celah yang Menyemburkan Air Panas, Ini Pengertian Lengkapnya

Menurut ilmu geologi, geyser adalah celah/lubang di permukaan bumi yang menyemburkan air panas bercampur uap secara periodik. Geyser adalah salah satu fenomena alam paling langka sekaligus juga paling rapuh di bumi. Tanah longsor, gempa bumi serta banyak faktor lainnya dapat membentuk geyser sekaligus juga dapat menghancurkan geyser. Komponen kunci geyser adalah tingginya aktivitas panas bumi di bawah permukaan, pasokan air, serta sistem saluran bawah tanah. Dengan kata lain syarat terbentuknya geyser adalah ada sumber panas, ketersedian air, dan ada sistem saluran yang menghubungkan bagian atas geyser dengan sumber panas (magma) dibawah permukaan.

Kebanyakan geyser terbentuk dibagian ujung lempeng tektonik, dimana saat lempeng tersebut bergerak maka akan menghasilkan sesar dan mengeluarkan energi luar biasa. Aktivitas tersebut dapat menyebabkan gempa bumi, gunung berapi, dan juga dapat menciptakan sumber panas untuk pembentukan geyser. Geyser pada umumnya terletak dekat dengan aliran sungai karena dengan begitu mereka akan mudah mendapat suplay air dari sungai tersebut. Tetapi ada juga sebagian geyser dimana suplay airnya hanya bergantung pada air hujan maupun salju yang meresap ke bawah tanah.

Geyser Adalah Celah yang Menyemburkan Air Panas, Ini Pengertian Lengkapnya

Pertanyaan yang sering berhubungan dengan pengertian geyser diatas adalah sebagai berikut:
  • Geyser adalah apa ?
  • Jelaskan pembentukan geyser ?
  • Definisi geyser adalah  ?
  • Pengertian geyser adalah ?
  • Jelaskan syarat terjadinya geyser ?

Untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu geyser, silahkan menuju ke artikel geologinesia yang berhubungan dengan geyser pada link dibawah ini:
1. Pengertian, Syarat, dan Proses Terjadinya Geyser
2. Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Pencemaran Air Tanah
3. Pengertian Kaldera