Saturday, June 24, 2017

Jurnal Penelitian Geologi: Pemodelan 2 Dimensi Evolusi Batuan Sumber Cekungan Chaluhe, Yitong Graben, Jilin China

Jurnal penelitian yang dipublikasikan kali ini merupakan hasil dari penelitian geologi terhadap Yitong Graben yang terletak di Provinsi Jilin China dan merupakan host dari 3 cekungan (basin), yaitu: Cekungan Chaluhe, Cekungan Luxiang dan cekungan Moliqing. Cekungan Chaluhe, sebagai fokus penelitian ini memiliki lima subdivisi, thus, Bo-Tai sag, Wanchang Struktural tinggi, Liangjia Struktur tinggi Xinanpu sag, dan lereng Gudian, dengan kumulatif ketebalan batuan sedimen sekitar 6000 meter.

Cekungan Chaluhe seharusnya potensial menghasilkan hidrokarbon karena batuan sumbernya terdistribusi dengan baik dan indikator maturasi yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan Cekungan Luxiang dan Moliqing yang berdekatan dengannya. Penentuan apakah lapisan batulumpur yang ada di Formasi Eosen cukup untuk menghasilkan hidrokarbon dilakukan pada pada penelitian ini tiga (3) sumur dengan Seismic Lines (Clh02, clh05 dan clh07).

Secara keseluruhan batuan sumber diamati dari Wilayah NW sampai SE dalam menghasilkan minyak dan gas. Di Kedalaman sekitar 2400 m dan seterusnya menunjukkan maturity yang baik dengan refleksi nilai vitrinit rata-rata 1,02% Ro. Batu lumpur Eocene Shuangyang adalah batuan sumber pembawa minyak. Jurnal penelitian lebih lengkapnya dapat anda download pada link setelah gambar dibawah ini dalam bentuk pdf.

Jurnal Penelitian Geologi: Pemodelan 2 Dimensi Evolusi Batuan Sumber Cekungan Chaluhe, Yitong Graben, Jilin China
Penampang melintang 2D maturity seismik line-5.



Judul Original : "Two Dimensional Evolution Modeling of Source Rocks in the Chaluhe Basin, Yitong Graben". Obed Kweku Agbadze, Jiaren Ye, Qiang Cao; Key Laboratory of Tectonics and Petroleum Resources, China University of Geosciences, MOE, Wuhan, China.

Sumber: SCIRP
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner