Sunday, May 7, 2017

Perencanaan SIG (Sistem Informasi Geografis)

loading...
Membuat sebuah Sistem Informasi Geografis (SIG) sangat membutuhkan perencanaan mendetail serta bermanfaat. Ada beberapa hal perlu diperhatikan sebelum melakukan perencanaan SIG yaitu : mengapa harus membuat perencanaan SIG, siapa yang merencanakan, apa yang direncanakan, kapan direncanakan, serta dimana direncanakan.

Mengapa harus membuat Perencanaan SIG

Perencanaan yang baik merupakan kunci sukses SIG
Perencanaan baik akan menuju keberhasilan. Perencanaan buruk akan berujung kegagalan. Sudah sangat sering, pekerjaan gagal dikarenakan perencanaan buruk, apakah anda bekerja dalam sistem atau membuat suatu sistem informasi geografis seadanya, anda harus mengintegrasikan perencanaan yang cukup untuk membangun sistem informasi geografis, jika tidak pekerjaan tidak sesuai dengan harapan.


Perencanaan yang baik mengefektifkan biaya
Implementasi dan pemeliharaan sistem informasi geografis (SIG) membutuhkan biaya cukup mahal. Hal ini menjadi pemborosan jika tidak menciptakan produk bermanfaat bagi organisasi. SIG dapat dengan segera menunjukkan nilainya jika tersedia aliran arus kerja, dan dengan SIG menciptakan produk informasi bermanfaat. Anda akan belajar bagaimana mengevalusai manfaat suatu sistem jika dikaitkan dengan biayanya. Dengan cara seperti ini dapat dengan mudah membenarkan pembiayaan perencanaan dan pelaksanaan SIG kepada atasan kita.

Mengetahui apa yang diinginkan dari SIG merupakan hal mendasar dalam proses perencanaan
Sering terjadi, suatu organisasi memutuskan bahwa mereka ingin menggunakan SIG, kemudian mengusulkan anggaran dan disetujui; anggaran ini dipergunakan untuk membeli teknologi, membuat data, dan menyediakan personilnya tanpa tahu persis kebutuhan dari sistem. Ketika mencoba untuk mengembangkan sistem informasi geografis tanpa mengetahui kebutuhannya terlebih dahulu, maka tidak hanya membuang-buang waktu dan energi tetapi uang juga. Anda berangkat dengan kesalahan teknologi serta kebutuhan tak terpenuhi. Anda harus menentukan kebutuhan SIG dari organisasi dengan dari awal menetapkan proses perencanaannya.

Aplikasi-aplikasi SIG sangat banyak, jadi penting untuk menetapkan persyaratan khusus dan tujuannya sejak dari awal. Dengan begitu kita dapat terhindar dari kekacauan yang dihasilkan dari mencoba untuk menciptakan sebuah sistem tanpa prioritas. Metodelogi sistem informasi geografis menunjukkan bagaimana menguraikan dan membuat prioritas kebutuhan SIG dari institusi serta merencanakan suatu sistem yang sesuai.

Siapa yang Merencanakan

Perencanaan SIG dipandu oleh pemimpin perencanaan dan juga melibatkan manajer tingkat senior dan pengguna. Manajer SIG mengambil peran utama dalam proses perencanaan, tetapi tidak boleh berjalan sendiri. Manajer SIG harus memperhatikan nasihat dan informasi dari manajer pembuat keputusan lebih tinggi dalam seluruh proses.

Kehilangan dukungan dari manajemen bisa mengakibatkan kegagalan. Untuk menghindari terjadinya hal seperti itu, maka pengambil keputusan harus diajak dalam proses perencanaan. Pengguna sistem ini juga harus diajak terlibat langsung dalam proses perencanaan. Jika tidak ada keterlibatan dari mereka sistem akan berakhir dengan tidak memenuhi kebutuhan penggunanya.

Apa yang Direncanakan

Semua komponen Sistem Informasi Geografis harus direncanakan, meliputi : produk informasi, software, hardware, prosedur, data dan orang-orangnya. Komponen utama yang harus direncanakan, meliputi :
Produk informasi
Output apa diinginkan dari sebuah Sistem Informasi Geografis ? Apakah dalam bentuk map, laporan, graf atau kombinasinya? Data apa dibutuhkan untuk membuat informasi ini. Awal dalam proses perencanaan, harus menentukan dan menguraikan dengan jelas produk informasi yang diinginkan organisasi dari SIG. Sekali produk informasi telah ditetapkan, maka kita dapat memulai menjawab pertanyaan perencanaan berhubungan dengan komponen SIG lainnya.


Software
Fungsi software bagaimana diperlukan untuk kebutuhan membuat produk informasi? Apa yang perlu dilakukan? Pada sistem operasi apa software tersebut bisa dijalankan? Apakah penyesuaian software diperlukan? Seberapa sering upgrade software diperlukan?.

Hardware
Apa hardware yang dipunyai organisasi saat ini, apakah itu mendukung dalam penerapan SIG ? Apakah tipe dari infrastruktur jaringan diperlukan oleh organisasi? Bagaimana memastikan hardware tetap efektif dalam menghadapi perkembangan tekologi informasi?.

Prosedur
Bagaimana sinkronisasi SIG dengan adanya prosedur organisasi untuk membuat sebuah produk informasi? Bagaimana menangani sistem atau modelnya?.

Data
Data macam apa untuk input SIG untuk membuat produk informasi yang diinginkan? Dimana data tersebut didapatkan, atau bagaimana membuat data tersebut? apa format data yang ingin digunakan? pada tingkat akurasi dan skala peta apa diinginkan?.

Personil
Diperlukan personil seperti apa? apakah harus mendatangkan tenaga baru untuk mengerjakan hal tersebut? jenis pelatihan apa dibutuhkan untuk menjalankan SIG oleh personil tersebut?.

perencanaan SIG
Gambar ilustrasi perencanaan SIG.

Kapan Direncanakan

Perencanaan SIG merupakan suatu proses keberlanjutan. Proses perencanaan dapat terus berlanjut bahkan setelah entri data selesai dilakukan. Sistem Informasi Geografis bisa dengan cepat terlihat hasilnya pada sebuah organisasi. Segera setelah implementasi akan terlihat bagaimana sistem ini berguna dan orang dapat melihat dan mengidentifikasi hal-hal lain yang mereka inginkan pada bidangnya masing-masing.


Ketika hal ini terjadi, kita harus melihat kembali bagian-bagian dari proses perencanaan untuk mengakomodir kebutuhan ini. Kemungkinan akan ada pesanan khusus untuk perencanaan SIG; Akan ada perintah melalukan sesuatu selama perencanaan SIG.

Dimana Direncanakan

Perencanaan SIG tidak dilakukan hanya sebatas di kantor saja. Perencanaan SIG mengharuskan kita untuk bertemu dengan orang lain pada sistem institusi. Si perencana akan banyak bertemu dengan orang yang membutuhkan informasi dari pemberlakuan sistem dan belajar bagaimana mereka memanfaatkan informasi ini untuk membantunya dalam pekerjaan.

Hal ini juga merupakan suatu kesempatan untuk belajar lebih jauh. Fundamental operasi bisnis terjadi di lembaga kita setiap hari. Dengan pemahaman arus kerja harian dapat menjadikan perencanaan SIG menjadi lebih mantap, sehingga dapat menghasilkan pembaharuan-pembaharuan untuk lembaga.
loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner