Kamis, 25 Mei 2017

Pengertian dan Cabang-cabang Ilmu Bumi

Pengertian Ilmu Bumi

Ilmu Bumi adalah ilmu yang mempelajari planet bumi serta luar angkasa. Ilmu bumi merupakan ilmu yang sangat menarik karena disini banyak diterapkan metode praktis hasil dari perhitungan secara sistematis. Saat ini cabang-cabang ilmu kebumian sangatlah banyak, dimana kesemuanya mempunyai kesamaan tujuan yaitu untuk mengamankan populasi makhluk hidup di planet bumi.

Beberapa ilmuwan bumi (ahli kebumian) menggunakan pengetahuan mereka untuk menemukan serta mengembangkan sumber energi dan mineral. Beberapa lainnya mempelajari dampak aktivitas manusia di lingkungan bumi dan metode perencanaan untuk melindungi planet ini. Sedangkan sebagiannya lagi menggunakan pengetahuan mereka untuk mempelajari proses-proses yang terjadi seperti gunung berapi, gempabumi, iklim, angin topan, dan lain-lain.


Cabang Ilmu Bumi

Banyak ilmu yang berbeda-beda digunakan untuk mempelajari bumi maupun luar angkasa (antariksa/alam semesta/tata surya). Namun, secara umum terdapat 4 Cabang Utama Ilmu Kebumian, yaitu:
1. Geologi
2. Meteorologi
3. Oseanografi
4. Astronomi

Penjelasan singkat tentang 4 cabang utama ilmu bumi tersebut dapat dilihat di bawah ini:

Geologi (Ilmu Bumi)

Geologi sering disebut juga dengan istilah "science of the earth" yang berarti "mempelajari bumi". Geologi merupakan cabang ilmu bumi yang mempelajari komposisi bahan penyusun bumi, struktur bumi, serta proses-proses di dalam Bumi, baik itu di permukaan ataupun di bawah permukaan bumi.


Ilmu Geologi juga sangat berkaitan dengan organisme di planet ini serta bagaimana perubahan planet kita dari waktu ke waktu. Ahli geologi banyak mengetahui bagaimana mencari sumber energi dan mineral serta mempelajari proses bencana alam dengan tujuan untuk melindungi lingkungan bumi nantinya.

geologi sebagai cabang ilmu bumi
Ruang lingkup ilmu geologi.

Meteorologi (Ilmu Atmosfer)

Meteorologi adalah ilmu tentang atmosfer dan bagaimana proses yang terjadi di atmosfer dapat berpengaruh terhadap cuaca maupun iklim. Meteorologi adalah ilmu yang sangat praktis karena setiap hari orang pasti berhubungan dengan cuaca. Saat ini perubahan drastis iklim dari waktu ke waktu merupakan sebuah permasalahan mendesak untuk dicermati. Studi tentang meteorologi sangat penting dalam hal melindungi lingkungan bumi.

Oseanografi (Ilmu Kelautan)

Oseanografi adalah ilmu tentang lautan atau samudera yang ada di bumi, menyangkut komposisi, pergerakan, organisme, serta proses-proses di dalamnya. Lautan menutupi sebagian besar planet kita serta merupakan sumber penting untuk makanan maupun komoditas lainnya.

Lautan juga memiliki pengaruh besar terhadap cuaca. Proses yang terjadi di lautan dapat menjadi faktor utama terjadinya perubahan iklim. Ahli kelautan berupaya mengembangkan laut sebagai sumberdaya dan melindunginya dari aktivitas negatif manusia. Pengetahuan tentang kelautan bertujuan untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada di dalam lautan (samudera) serta meminimalkan dampak akibat tindakan negatif manusia yang dapat merugikan lingkungan bumi.

Astronomi (Ilmu Alam Semesta)

Astronomi adalah ilmu tentang alam semesta ataupun tatasurya. Dibawah ini adalah beberapa contoh mengapa sangat penting mempelajari ruang di luar Bumi (ruang angkasa) :
1. Bulan dapat menggerakkan sistem pasang surut laut
2. Impact asteroid telah berulang kali menghancurkan bumi
3. Energi dari matahari sangat berpengaruh terhadap cuaca dan iklim.


Pengetahuan tentang astronomi sangat penting dipelajari demi memahami planet ini. Para astronom juga dapat menggunakan pengetahuan tentang materi, proses, maupun sejarah bumi untuk memahami planet lain, sekalipun itu di luar tata surya kita sendiri.

astronomi sebagai cabang ilmu bumi
Ruang lingkup ilmu astronomi.

Pentingkah Ilmu Bumi ?

Hari ini kita hidup saat bumi dan penghuninya menghadapi banyak permasalahan. Iklim kita berubah, dan perubahan itu disebabkan oleh aktivitas manusia. Ilmuwan bumi menyadari masalah ini dan akan memainkan peran kunci dalam upaya mengatasinya. Ilmuwan bumi juga ditantang untuk mengembangkan sumber energi baru ramah lingkungan, mencari deposit baru logam ataupun mineral lainnya, serta menentukan bagaimana populasi di bumi ini dapat terus hidup serta terhindar dari ancaman serius akibat aktivitas vulkanik, gempa bumi, tanah longsor, maupun banjir. Ini hanyalah beberapa masalah yang ada di bumi, dimana solusi terhadap semua ini bergantung pada pemahaman mendalam tentang ilmu bumi.