Selasa, 03 Januari 2017

Pemegang Rekor Titik Terendah di Dunia

Pada tahun 2010, "United States Center for Coastal & Ocean Mapping" mengukur kedalaman palung Mariana dengan tingkat akurasi pengukuran secara vertikal adalah ± 40 meter. Hasilnya sangat mencengangkan dan diluar dugaan para ilmuwan, karena diperoleh kedalaman palung tersebut adalah 10,99 kilometer (36.070 kaki) di bawah permukaan laut. Titik terendah yang berada di dasar palung ini disebut dengan "Challenger Deep". Challenger Deep dinobatkan sebagai pemegang rekor titik terendah di dunia.

Jika puncak Gunung Everest merupakan titik tertinggi di bumi maka Challenger Deep adalah kebalikannya, merupakan titik terendah di bumi. Dan jika titik tertinggi berada pada elevasi 8,88 kilometer di atas permukaan laut, maka titik terendah hanya selisih sekitar 2 kilometer. Inilah wujud dari Konsep Isostasi yang dicetuskan oleh C.E. Dutton, seorang ahli geologi asal Amerika Serikat.


Pencarian lainnya yang berhubungan dengan artikel ini adalah: titik terendah di dunia, hotspot terendah, titik terendah terletak di, titik terdalam, Challenger Deep, palung mariana, palung terdalam, elevasi terendah di bumi.

Pertanyaan yang sangat penting bagi geologist adalah mengapa Palung Mariana bisa sangat dalam?? ini penjelasannya: Palung Mariana terletak di daerah batas antara 2 lempeng yang konvergen, dimana kedua lempeng dari kerak samudera tersebut saling bertabrakan satu sama lain. Pada sebuah titik tabrakan, salah satu lempeng akan turun ke dalam mantel sehingga pada garis kontak antara dua lempeng tersebut terbentuk parit yang dikenal dengan sebutan "ocean trench" (palung laut).

challenger deep, titik terendah di dunia
Gambar Challenger Deep sebagai titik terendah di dunia.

Lempeng-lempeng yang teribat diatas adalah Lempeng Filipina dan Lempeng Pasifik. Lempeng Pasifik berada di sisi timur dan selatan, sedangkan Lempeng Filipina di sisi barat dan utara. Kedua lempeng ini bergerak pada arah barat laut, akan tetapi tetapi Lempeng Pasifik bergerak lebih cepat dari Lempeng Filipina.