Senin, 09 Januari 2017

Pemegang Rekor Daerah Dengan Petir Terbanyak di Dunia

Dengan menggunakan data petir selama 16 tahun dari satelit "Tropical Rainfall Measuring Mission" yang diluncurkan oleh NASA dan Japan Aerospace Exploration Agency, Peneliti mampu mengidentifikasi dan memberi peringkat daerah/hotspot yang menghasilkan jumlah petir terbesar selama periode pengamatan 1998-2013. Pemantauan ini menghasilkan distribusi global aktivitas petir ke dalam fokus yang sangat jelas.

Pencarian lainnya yang berhubungan dengan artikel ini adalah: petir terbanyak di dunia, petir terbesar di dunia, petir terdahsyat, fenomena petir, kejadian petir, petir maracaibo, petir catatumbo.


Dari data tersebut diperoleh bahwa rekor daerah dengan petir terbanyak di dunia yaitu berada di Danau Maracaibo, Venezuela. Laporan rinci hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam buletin "American Meteorological Society". Danau Maracaibo memiliki tingkat kepadatan kilatan 232,52 FRD (Flash Rate Density). Itu berarti bahwa daerah ini mengalami rata-rata 232,52 kilatan per kilometer persegi per tahun.

petir danau maracaibo dan catatumbo
Gambar petir di Danau Maracaibo-Sungai Catatumbo.

Hotspot (titik) terjadinya petir di daerah ini berada pada pertemuan antara Danau Maracaibo dengan Sungai Catatumbo. Peneliti memperkirakan fenomena ini terjadi akibat siklus air di Danau Maracaibo dan topografi dari Sungai Catatumbo. Air danau mengalami evaporasi akibat panas cahaya Matahari wilayah ekuator dan udara lembab dari Karibia mengalir ke Maracaibo dari sisi yang terbuka bertemu dengan udara yang lebih dingin dari Andes.