Pemegang Rekor Gunung Berapi Terbesar Di Dunia

Riset terbaru akhirnya menyingkirkan Mauna Loa, Hawai sebagai gunung berapi terbesar di dunia. Penemuan paling fenomenal di abad ini adalah ilmuwan telah menemukan sebuah gunung berapi terbesar di dunia yang berada di dasar laut Samudera Pasifik. Gunung berapi ini dikenal dengan nama Gunung Tamu Massif (Gunung Tamu). Gunung Tamu terletak di kawasan barat laut Samudera Pasifik atau sekitar 1.600 km sebelah timur Jepang. Gunung berapi terbesar ini terletak pada kedalaman sekitar 2 kilometer di dasar laut Samudera Pasifik.

Tinggi gunung ini tidak seberapa, hanya sekitar 4,4 kilometer dari dasar samudera. Tetapi yang sangat mengejutkan adalah bentuk gunung ini (seperti tipe perisai) yang berukuran 450-650 kilometer. Ukuran seperti ini mirip dengan setengah pulau Sumatera atau seluas New Mexico. Dengan ukuran yang demikian maka Gunung Tamu 50 kali lebih besar dari Gunung Mauna Loa, Hawai yang sebelumnya dinobatkan sebagai gunung berapi terbesar di dunia.
Sebelumnya Gunung Tamu tidak diperhatikan karena ilmuwan menganggap gunung ini hanya merupakan rangkaian dari gunung-gunung berapi yang ada di dasar samudera. Tetapi dengan data seismik dan analisa geokimia mengungkapkan bahwa aliran lava disemua sudut luar gunung berapi ini memiliki komposisi dan umur yang sama.

tamu massive, gunung berapi terbesar di dunia
Gambar gunung berapi terbesar di dunia (G. Tamu Massive).

Data seismik mengungkapkan bahwa banyak aliran lava yang muncul dari ventilasi tunggal. Ini membuktikan bahwa hanya terdapat satu dapur vulkanik super besar dan Gunung Tamu merupakan sebuah gunung berapi tunggal. Jadi untuk saat ini, Gunung Tamu adalah gunung berapi terbesar di dunia, kecuali kedepannya ada penemuan terbaru gunung berapi yang ukurannya lebih besar dari gunung ini.
Komentar