Follow By Email

Pemegang Rekor Danau Terdalam di Dunia

loading...
Dengan kedalaman sekitar 1,6 kilometer (5.387 kaki), Danau Baikal di Rusia Selatan dinobatkan sebagai pemegang rekor danau terdalam di dunia. Selain sebagai danau terdalam, Danau Baikal juga merupakan danau dengan volume air tawar terbesar di dunia. Cukup sulit untuk memahami bagaimana sebuah danau yang berada ditengah-tengah daratan memiliki dasar hingga hampir mencapai 2 kilometer. Dibawah ini adalah penjelasannya.

Pencarian lainnya yang berhubungan dengan artikel ini adalah: danau paling dalam, danau terdalam di dunia, gambar danau, danau terdalam, danau siberia, nama danau. Kedalaman danau, danau siberias, danau baikal, danau terkenal di rusia, danau di dunia, danau terkenal di dunia.


Danau ini begitu dalam karena berada di zona aktif pemekaran benua (continental rift). Zona Continental rift di daerah ini tiap tahun melebar sekitar 2,5 cm. Pemekaran bukan hanya terjadi secara horizontal (melebar), tetapi juga tumbuh lebih dalam melalui peristiwa subsidence. Jadi sebenarnya, Danau Baikal kedepannya akan terus melebar dan semakin dalam selama masih aktifnya continental rift di daerah tersebut.

baikal lake, danau terdalam di dunia
Gambar danau terdalam di dunia (Baikal Lake, Rusia).

Danau Baikal (Baikal Lake) yang juga dikenal dengan sebutan “mata biru Siberia” merupakan danau dengan ekosistem besar. Kurang lebih 1.700 spesies flora dan fauna hidup di dalam danau ataupun disekitar danau tersebut. Ahli geologi memperkirakan danau ini berumur 25 - 30 juta tahun yang lalu dan menjadikannya sebagai salah satu danau paling tua di dunia.

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Geologinesia Updated at: 09.00.00

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

Artikel Terbaru

loading...

Arsip Blog

Berlangganan Artikel Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.