Pemegang Rekor Danau Terdalam di Dunia

Dengan kedalaman sekitar 1,6 kilometer (5.387 kaki), Danau Baikal di Rusia Selatan dinobatkan sebagai pemegang rekor danau terdalam di dunia. Selain sebagai danau terdalam, Danau Baikal juga merupakan danau dengan volume air tawar terbesar di dunia. Cukup sulit untuk memahami bagaimana sebuah danau yang berada ditengah-tengah daratan memiliki dasar hingga hampir mencapai 2 kilometer. Dibawah ini adalah penjelasannya.

Danau ini begitu dalam karena berada di zona aktif pemekaran benua (continental rift). Zona Continental rift di daerah ini tiap tahun melebar sekitar 2,5 cm. Pemekaran bukan hanya terjadi secara horizontal (melebar), tetapi juga tumbuh lebih dalam melalui peristiwa subsidence. Jadi sebenarnya, Danau Baikal kedepannya akan terus melebar dan semakin dalam selama masih aktifnya continental rift di daerah tersebut.

baikal lake, danau terdalam di dunia
Gambar danau terdalam di dunia (Baikal Lake, Rusia).

Danau Baikal (Baikal Lake) yang juga dikenal dengan sebutan “mata biru Siberia” merupakan danau dengan ekosistem besar. Kurang lebih 1.700 spesies flora dan fauna hidup di dalam danau ataupun disekitar danau tersebut. Ahli geologi memperkirakan danau ini berumur 25 - 30 juta tahun yang lalu dan menjadikannya sebagai salah satu danau paling tua di dunia.
Komentar