Sunday, December 4, 2016

3 Pengertian Hidrologi Menurut Para Ahli

Air adalah zat paling berlimpah di bumi serta merupakan konstituen utama dari semua makhluk hidup. Hidrologi adalah bidang studi yang berhubungan dengan air yang ada di bumi. Hidrologi mencakup ilmu oseanografi, limnologi, maupun glasiologi. Pengertian hidrologi dalam arti luas meliputi studi tentang: proses terjadinya air, pergerakannya, karakteristik fisik serta kimia air dalam segala bentuk di pada hidrosfer bumi.

Baca juga: Inilah Prospek Kerja Ahli Geologi

Walaupun ruang lingkup air sangat luas, seorang hidrologist biasanya membatasi studi mereka hanya pada air yang dekat dengan permukaan tanah. Air pada atmosfer biasanya dipelajari sebagai bagian dari meteorologi. Air di lautan dipelajari oleh ilmu oseanografi, air di danau oleh ilmu limnologi, dan es di permukaan tanah masuk pada ilmu glasiologi.

Pencarian lainnya berhubungan dengan artikel ini adalah: hidrologi, pengertian hidrologi, definisi hidrologi, hidrologi adalah. Arti hidrologi, fungsi hidrologis, proses hidrologi, ahli hidrologi, apa yang dimaksud dengan kenampakan hidrologis?.

Disini jelas ada beberapa tumpang tindih antara disiplin-disiplin ilmu utama tersebut; misalnya, baik hydrologists dan meteorologist, bersama-sama mempelajari pergerakan air pada lapisan batas bawah atmosfer, dimana semua itu terkait dengan konsep dasar dari siklus air (siklus hidrologi). Terlepas dari semua itu, disini geologinesia akan mencoba memberikan pencerahan mengenai pengertian hidrologi menurut beberapa ahli. Simak penjelasan penjelasan singkat pengertian - pengertian tersebut dibawah ini.

pengertian hidrologi
Gambar ilustrasi definisi ilmu hidrologi.

Pengertian Hidrologi Menurut Singh

Singh (1992), mengatakan bahwa hidrologi adalah ilmu yang membahas karakteristik kuantitas dan kualitas air di bumi menurut ruang serta waktu, termasuk proses hidrologi, pergerakan, penyebaran, sirkulasi tampungan, eksplorasi, pengembangan maupun manajemen.

Pengertian Hidrologi Menurut Marta dan Adidarma

Marta dan Adidarma (1983) menyebutkan tentang definisi atau pengertian hidrologi, ia mengatakan bahwa hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang terjadinya distribusi juga pergerakan air, baik itu diatas maupun di bawah permukaan bumi, menyangkut reaksi sifat fisika maupun kimia air terhadap kehidupan serta lingkungan.

Pengertian Hidrologi Menurut Ray K. Linsley

Ray K. Linsley, Yandi Hermawan (1986) menjelaskan tentang pengertian hidrologi, yaitu bahwa hidrologi adalah ilmu yang membicarakan tentang air di bumi baik itu mengenai kejadiannya, jenis-jenis, sirkulasi, sifat kimia dan fisika serta reaksinya terhadap lingkungan maupun kehidupan.

Baca juga: Apakah Air dan Es adalah mineral ??

Air pada atmosfer memainkan peran penting untuk menjaga lingkungan yang layak huni bagi kehidupan manusia. Keterdapatan air permukaan telah memainkan peran penting terhadap perubahan peradaban dunia. Pentingnya air bagi manusia tercermin dalam struktur hukum serta politik. Dengan tingginya tingkat populasi manusia saat ini maka sangat mempengaruhi ketersediaan sumber daya air. Ini disebabkan karena manusia akan selalu berusaha meningkatkan standard hidupnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner