Monday, September 19, 2016

Kamus Istilah Geologi Online Glossary "D"


KAMUS GEOLOGI ONLINE

Untuk istilah geologi yang diawali dengan huruf lain Klik Disini

Datum

Datum adalah lokasi acuan atau elevasi yang digunakan sebagai titik awal untuk pengukuran berikutnya. Permukaan laut selalu digunakan sebagai datum untuk pengukuran ketinggian. Datum juga dapat berarti sebagai titik awal pengukuran berdasarkan bentuk fisik unit batuan dasar.

Daughter Element

Daughter Element adalah unsur yang dihasilkan melalui peluruhan radioaktif dari elemen induk.

Debris Avalanche

Debris Avalanche adalah gerakan lereng bagian bawah secara tiba-tiba pada batuan dan tanah pada suatu lereng yang curam.

Decollment

Decollment adalah garis horizontal atau subhorizontal pada sesar atau zona geser dengan perpindahan yang sangat besar. Batuan diatas sesar akan berpindah sejauh ribuan meter atau lebih terhadap batuan yang berada relatif di bawah sesar. Peristiwa ini sering mengakibatkan batuan yang berada di atas sesar berbeda bentuk fisiknya dengan batuan yang berada dibawah sesar.

Deflation (Deflasi)

Deflasi adalah hilangnya partikel lempung dan lumpur (berukuran tanah) akibat erosi oleh angin. Istilah ini juga dapat digunakan dalam referensi untuk hilangnya bahan/material yang tidak terkonsolidasi akibat angin.

Delta

Delta adalah deposit sedimen dari sungai yang terbentuk ketika masuk ke dalam tubuh danau atau laut. Nama ini berasal dari bahasa Yunani huruf "delta" karena deposit ini biasanya memiliki bentuk segitiga.

Dendritic Drainage (Pola Aliran Dendritik)

Pola Aliran Dendritik adalah pola aliran air yang menyerupai pembuluh darah pada daun. Terbentuk utamanya karena batuan di bawahnya memiliki ketahanan yang seragam terhadap erosi.

Density Current

Density Current adalah kepadatan aliran akibat gravitasi. Peningkatan kepadatan air terjadi karena perbedaan suhu dan peningkatan salinitas.

Deposition (Deposisi)

Deposisi adalah pengendapan suspensi sedimen yang telah tertransportasi. Juga dapat berarti pengendapan sedimen kimia dari air yang kaya mineral terlarut.

Desert Pavement

Desert Pavement adalah penutup tanah yang berukuran granular sampai partikel yang lebih besar, biasanya ditemukan di daerah kering. Desert Pavement merupakan deposit sisa yang terbentuk ketika angin menghilangkan material berukuran pasir, lanau dan lempung secara selektif.

Detrital

Detrital adalah istilah yang digunakan dalam referensi untuk sedimen atau batuan sedimen yang terdiri ataspartikel yang diangkut dan disimpan oleh angin, air atau es.

Diagenesis

Diagenesis adalah semua perubahan yang terjadi pada sedimen setelah deposisi, tidak termasuk pelapukan dan metamorfosis. Diagenesis meliputi pemadatan, sementasi, pencucian dan penggantian.

Diatom

Diatom adalah kelompok alga yang melayang bebas di perairan, baik di lautan maupun di danau. Beberapa jenis diatom hidup di bawah air dan di tanah. Kebanyakan diatom sangat kecil (mikroskopis).

Diatomit

Diatomit adalah batuan sedimen berwarna terang yang utamanya tersusun atas sisa-sisa skeletal yang mengandung silika diatom.

Diatom Ooze

Diatom Ooze adalah sedimen dasar laut yang terdiri dari setidaknya 30% diatom sisa.

Differentiated Planet

Differentiated Planet adalah planet yang memiliki lapisan yang terdiri dari kepadatan unsur-unsur dan mineral yang berbeda. Sebagai contoh, planet Bumi yang memiliki inti yang kaya logam,  dikelilingi oleh batuan dalam bentuk mantel, dan ditutupi oleh kerak dalam bentuk mineral low-density.

Dip

Dip adalah sudut dari sebuah unit batuan, sesar atau struktur batuan lainnya yang terbentuk pada bidang horizontalnya. Dinyatakan sebagai perbedaan sudut antara bidang horizontal dan struktur.

Discharge

Discharge adalah volume air di sungai yang mengalir dalam satuan waktu. Sering dinyatakan dalam kaki kubik per meter atau kubik per detik. Dihitung dengan rumus Q = A x V di mana Q adalah debit, A adalah luas penampang saluran dan V adalah kecepatan aliran rata-rata sungai.

Discontinuity

Discontinuity adalah lapisan permukaan batuan yang terpisah karena sifat dan komposisinya yang berbeda. (Lihat diskontinuitas seismik).

Dissolved Load (Bahan terlarut)

Dissolved Load adalah bahan terlarut yang terangkut oleh aliran sungai.

Divide

Divide adalah sebuah lembah yang memisahkan dua cekungan drainase yang berdekatan.

Dome (Kubah)

Dome adalah sebuah uplift berbentuk bulat atau elips dengan dip lapisan kesegala arah dari titik pusatnya.

Drainage Basin

Drainage Basin adalah wilayah geografis yang memberikan kontribusi limpasan ke sungai. Dapat terlihat pada peta topografi dengan menelusuri titik elevasi tertinggi antara dua lembah sungai yang berdekatan. Juga disebut sebagai "batas air" (watershed).

Drainage Divide

Drainage Divide adalah batas antara dua aliran sungai yang berdekatan, membagi drainase pada puncak pematang atau area yang tidak jelas di mana kemiringan terlihat berubah arah). Air limpasan dihasilkan di salah satu sisi bukit yang mengalir ke sungai "A" dan limpasan lainnya dihasilkan dari sisi bukit lainnya yang mengalir ke sungai "B".

Drawdown

Drawdown adalah penurunan muka air disekitar sumur produksi. Ini merupakan kejadian tertariknya air pada setiap titik tertentu yang menyebabkan terjadinya perubahan vertikal antara muka air original dan level muka air yang berkurang akibat pemompaan (pumping).

Drift

Drift adalah istilah umum untuk semua bahan/material sedimen yang diendapkan langsung dari es atau pelelehan air dari gletser.

Dune (Bukit Pasir)

Dune adalah sebuah gundukan atau punggungan pasir-terbawah oleh angin. Biasanya ditemukan di gurun dan bagian dalam pantai. Kebanyakan Dune lebih sering tertransportasi oleh angin.

Untuk istilah geologi yang diawali dengan huruf lain Klik Disini
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner