Minggu, 04 September 2016

Kamus Istilah Geologi Online Glossary "C"

kamus istilah geologi

KAMUS GEOLOGI ONLINE

Untuk istilah geologi yang diawali dengan huruf lain Klik Disini

Caldera (Kaldera)

Kaldera adalah kawah berbentuk mangkuk besar yang terkait dengan ventilasi vulkanik. Sebuah kaldera dapat terbentuk dari ledakan gunung berapi atau runtuhnya kerucut vulkanik ke sebuah dapur magma yang kosong.

Carbonate Rock (Batuan Karbonat)

Batuan karbonat adalah batuan yang utamanya tersusun atas mineral karbonat (mineral yang mengandung struktur anionik CO3). Batugamping (terutama terdiri dari calicite-CaCO3) dan Dolostone (komposisi utama dolomit - CaMg (CO3) 2 adalah contoh batuan karbonat yang paling umum.

Carbonic Acid (Asam Karbonat)

Asam karbonat adalah suatu asam lemah (H2CO3) yang terbentuk dari reaksi air dan karbon dioksida. Sebagian besar air hujan adalah asam karbonat sangat lemah dibentuk oleh reaksi hujan dengan sejumlah kecil karbon dioksida di atmosfer.

Cataclastic Rock (Batuan Kataklastik)

Batuan kataklastik adalah hancuran batuan yang terbentuk dan tergeser selama gerakan tektonik.

Cement (Semen)

Semen adalah sebuah endapan padat kalsium karbonat, silika, oksida besi, mineral tanah liat atau bahan lainnya yang terbentuk dalam ruang pori sedimen dan mengikat ke dalam batuan sedimen.

Cementation (Penyemenan/Sementasi)

Sementasi adalah proses pengendapan kimia pada ruang/pori sedimen yang berfungsi mengikat bagian dalam batuan sedimen.

Chemical Sedimentary Rock (Batuan Sedimen Kimia)

Batuan sedimen kimia adalah batuan yang terbentuk dari pengendapan larutan mineral. Contohnya adalah rijang dan batu garam.

Chemical Weathering (Pelapukan Kimia)

Pelapukan kimia adalah lepasnya material penyusun batuan karena proses solution atau alterasi kimia. Alterasi yang terjadi umumnya berupa oksidasi dan hidrolisis.

Chert (Rijang)

Rijang adalah bahan mikrokristalin atau cryptocrystalline batuan sedimen yang berkomposisi SiO2. Terjadi sebagai nodul dan massa concretionary dan sangat sedikit yang ditemukan dalam bentuk deposit berlapis.

C-Horizon

C-Horizon adalah horizon terendah dari profil tanah. Berada dibawah B-Horizon dan terdiri atas batuan dasar yang lapuk.

Cinder Cone

Cinder cone adalah bukit berbentuk kerucut yang terdiri dari bahan piroklastik yang dikeluarkan dari ventilasi vulkanik.

Cirque

Cirque adalah sebuah depresi yang berbentuk mangkuk dengan sisi sangat curam yang terbentuk di atas gunung gletser. Bentuk dari proses pelapukan dingin iklim termasuk es wedging dan pemetikan.

Clastic (Klastik)

Klastik adalah akumulasi pecahan/puing hasil pelapukan yang telah tertransportasi. Istilah klastik sering merujuk kepada batuan sedimen seperti serpih, batulanau, batupasir, atau konglomerat dan material sedimen seperti lumpur, pasir, atau kerikil.

Clay (Lempung)

Lempung adalah partikel mineral klastik yang memiliki ukuran butir lebih kecil dari 1/256 mm. Istilah ini juga digunakan dalam referensi untuk kategori yang luas pada mineral silikat hidrat dimana tetrahedrons silikanya membentuk lembaran-lembaran (sheets).

Coal (Batubara)

Batubara adalah batuan sedimen berwarna cokelat atau hitam yang terbentuk dari akumulasi sisa-sisa tumbuhan. Batubara mudah terbakar karena mengandung setidaknya 50% (berat) senyawa karbon.

Compaction (Pemadatan/Kompaksi)

Kompaksi adalah sebuah proses kompresi yang mengorientasikan ulang (re-orientasi) dan membentuk ulang butiran sedimen akibat gaya berat deposit yang berada diatasnya.

Composite Cone

Composite cone adalah gunung berapi berbentuk kerucut yang terdiri dari variasi lapisan abu dan lava. Juga dikenal sebagai sebuah stratovolcano.

Cone of Depression (Kerucut Depresi)

Kerucut depresi adalah bentuk kerucut penurunan muka air di sekitar sumur produksi.

Contact Metamorphism (Metamorfisme Kontak)

Metamorfisme kontak adalah perubahan batuan, terutama oleh panas. Sering terjadi dekat dengan dike, sill, dapur magma atau pada tubuh magma lainnya.

Contour Line (Garis Kontur)

Garis kontur adalah garis pada peta yang menunjukkan lokasi pada nilai variabel konstan. Misalnya, garis kontur titik elevasi ketinggian yang sama di seluruh peta. Contonhnya, Semua titik "10 meter" pada garis kontur menunjukkan 10 meter di atas permukaan laut.

Contour Map (Peta Kontur)

Peta kontur adalah peta yang menunjukkan perubahan nilai variabel di atas wilayah geografis melalui penggunaan garis kontur. Misalnya, peta kontur memiliki elevasi garis penunjuk ketinggian yang sama di seluruh peta. Lihat juga istilah: garis kontur dan peta topografi.

Cubic Feet Per Second

Cubic Feet Per Second adalah satuan ukuran yang sering digunakan untuk mengukur laju aliran air. Ini sama dengan volume air dengan tinggi dan lebar 1 kaki, bergerak dalam jarak linear 1 kaki dan dalam kurun waktu 1 detik.

Untuk istilah geologi yang diawali dengan huruf lain Klik Disini