Saturday, September 3, 2016

Apakah Air dan Es adalah Mineral ??

loading...

Apa itu Mineral?

Kata "mineral" digunakan oleh ahli geologi untuk sekelompok bahan kristal alami. Emas, pirit, kuarsa, kalsit dan fluorit merupakan contoh "mineral". Untuk menjadi mineral bahan atau material harus memenuhi lima syarat, yaitu:
  1. Alami (tidak dibuat oleh manusia)
  2. Anorganik (tidak diproduksi oleh organisme)
  3. Padat
  4. Komposisi kimia pada rentang yang terbatas
  5. Memiliki struktur atomik internal.


Apakah air merupakan Mineral?

Jika kita membandingkan sifat-sifat air pada lima persyaratan definisi mineral diatas, maka kita menemukan bahwa air gagal untuk memenuhi syarat sebagai mineral. Air adalah cairan sehingga tidak memenuhi persyaratan yang ke-3 (padat). Namun, pada suhu di bawah 32 derajat Fahrenheit atau 0 derajat Celsius air dapat menjadi bahan padat yang kita sebut "es".

Apakah Es Merupakan Mineral?

Jika kita membandingkan sifat-sifat es untuk lima persyaratan definisi mineral, maka kita menemukan bahwa es jelas memenuhi empat syarat. Namun, persyaratan yang ke-1 (Alami) menjadikannya masalah. Sebuah kepingan salju alami akan dianggap mineral karena bentuk alami di atmosfer bumi. Namun es batu yang dibuat di kulkas tidak akan dianggap mineral karena dihasilkan oleh tindakan orang. Jadi, es disebut mineral ketika terbentuk secara alami.

struktur kristal es
Snowflake (kanan) yang mengungkap struktur kristal heksagonal dari Es.

Apakah Air adalah Mineraloid?

Air bukan mineral; Namun, dapat membeku menjadi es yang merupakan mineral. Beberapa ilmuwan percaya bahwa air harus dianggap sebagai "mineraloid", akan tetapi beberapa ilmuwan tidak setuju karena definisi mineraloid dibuat akibat gagalnya beberapa bahan terhadap persyaratan menjadi mineral karena tidak mempunyai struktur atomik internal yang jelas (amorf), sedangkan air sifatnya tidak amorf.


Bagaimana dengan Air Mineral?

Air mineral adalah sesuatu yang sama sekali berbeda. Kata "mineral" dalam istilah air mineral digunakan untuk padatan terlarut yang terjadi di dalam air saat diambil dari sumber alami (mata air).

Zat-zat terlarut ini berada pada air karena saat air berada dalam tanah akan melakukan kontak dengan bahan mineral dan non-mineral. Beberapa materi/bahan tersebut dapat dilarutkan oleh air. Untuk dijual sebagai "air mineral" air harus diambil dari sumber yang alami, dan mengandung setidaknya 250 ppb total padatan terlarut yang terjadi secara alamiah di dalam air.


Air mineral sangat bervariasi komposisinya. Pada beberapa kondisi, bahan terlarut dalam air akan dianggap "kotoran". Sedangkan pada kondisi lainnya, air yang biasa dikemas dalam sebuah botol ini akan dijual kepada orang-orang yang percaya bahwa "mineral" terlarut yang ada didalamya mungkin akan memberikan manfaat kesehatan.
loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner