Follow By Email

Pulau Papua pemegang Rekor Batuan Tertua di Indonesia

loading...
Penentuan umur radiometri batuan yang ada di Indonesia biasanya dilakukan pada batuan magmatik dan metamorfik. Di indonesia, lembaga yang biasa melakukan program peneraan umur absolut batuan adalah Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi (P3G). "Radiometric dating" paling kompleks di Indonesia sebenarnya berada di Pulau Papua, tepatnya di bagian Kepala Burung (Papua Barat). Di daerah tersebut menumpuk jalur-jalur plutonit berbagai umur dari Paleozoik, Mesozoik hingga Tersier. Komplesitas yang demikian membuat penafsiran petro-tektonik (petrotectonic) tidak mudah untuk dilakukan.


Pieters et al.,1983 dalam tulisannya "The Stratigraphy of Western Irian Jaya - GRDC Bull. no.8, p.14-48" melaporkan adanya kerakal granit pada endapan metakonglomerat yang masuk dalam Formasi Kemum (Silur - Devon). Setelah ditera umurnya, kerakal granit tersebut ternyata berumur 1250 juta tahun yang lalu. Umur tersebut dalam skala waktu geologi berada pada Pra-Kambrium; Meso-Proterozoic, tepatnya pada zaman (period) Ectasian.
batuan tertua di indonesia kerakal granit
Metakonglomerat yang tersusun atas fragmen-fragmen dari berbagai jenis batuan.

Formasi Kemum sendiri merupakan batuan dasar yang berumur Paleozoikum. Formasi ini banyak tersingkap di sebelah timur kepala Burung yang dikenal sebagai Tinggian Kemum, serta disekitar "Gunung Bijih Mining Access" (GBMA) yaitu di sebelah baratdaya Pegunungan Tengah. Formasi ini umumnya tersusun atas batusabak, filit, dan kuarsit. Di sekitar Kepala Burung, formasi ini dintrusi oleh Granit biotit yang berumur Karbon yang disebut sebagai Anggi Granit berumur Trias. Pada batas Selatannya, formasi ini dicirikan oleh kehadiran sedimen klastik tidak termetamorfosakan.


Perlu diperhatikan disini bahwa bukan Formasi Kemum-nya yang berumur tertua, melainkan di dalam formasi tersebut mengandung sebuah batuan tertua se-Indonesia, yaitu pada kerakal granit-nya. Keberadaan kerakal granit dijelaskan oleh para ahli kemungkinan besar merupakan endapan lereng benua australia yang hadir dalam formasi kemum dalam bentuk endapan turbidit. Kerakal granit tersebut dapat diperkirakan merupakan granit asal Gondwanaland. Lalu bagaimanakah dengan pemilik rekor MINERAL TERTUA di Indonesia?? pembahasannya setelah iklan berikut ini..!!

Referensi: Disadur dari tulisan Awang H. Satyana (2013) dan dicompile dengan tektonik setting Pulau Papua.

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Geologinesia Updated at: 09.00.00

1 komentar:

  1. Indonesia memang laboratorium alam yang sempurna. . .

    BalasHapus

Translate

Artikel Terbaru

loading...

Arsip Blog

Berlangganan Artikel Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.