Jumat, 10 Juni 2016

Mengenal Galena dan Kegunaannya

Pengertian dan Deskripsi Galena

Galena adalah mineral timbal sulfida dengan komposisi kimia PbS. Galena merupakan bijih utama timbal (timah hitam) dan ditambang dari sejumlah besar deposit di banyak negara. Galena banyak ditemukan dalam batuan beku dan metamorf. Dalam batuan sedimen, galena dapat terbentuk sebagai urat, semen breksi, butiran-butiran yang terisolasi, dan sebagai mineral replacment pada batu kapur dan dolostone.

Baca juga: Mineral Kuarsa dan Kegunaannya

Galena sangat mudah untuk diidentifikasi. Mineral Galena menunjukkan belahan yang sempurna dalam tiga arah yang bersinggungan 90 derajat. Galena memiliki warna perak, kilap logam cerah, memiliki berat jenis tinggi (7,4-7,6) . Galena cukup lembut dengan kekerasan 2.5+ Skala Mohs. Galena mempunyai cerat abu-abu hingga hitam dan kristal galena pada umumnya berbentuk kubus ataupun oktahedron.

deskripsi mineral galena
Gambar mineral galena dan deskripsinya.


Argentiferous Galena (Bijih Silver)

Ciri khas galena adalah mengandung sekitar 86,6% timbal dan 13,4% sulfur. Namun, ada beberapa jenis dari galena mengandung perak hingga beberapa persen (by weight). Galena yang mengandung perak disebut sebagai "Argentiferous Galena". Dalam struktur atom galena, perak dapat menggantikan timbal, atau juga dapat berasal dari butiran-butiran halus mineral perak yang masuk dalam galena.

Perak sering bersifat "pengganggu" dalam struktur kristal galena, sehingga sering menyebabkan galena memiliki kenampakan belahan yang melengkung. Identifikasi belahan tersebut dapat menjadi pengetahuan penting saat melakukan eksplorasi mineral ini. Selain perak, galena dapat mengandung sejumlah kecil antimon, arsenik, bismuth, kadmium, tembaga dan seng. Kadang-kadang selenium hadir menggantikan belerang (sulfur) yang ada dalam galena.

Baca juga: Logam Titanium dan Kegunaannya

Galena sangat mudah lapuk. Jika lapuk, galena akan berubah warna dari kilau perak metalik ke warna abu-abu kusam atau hitam kusam. Ketika terkubur di dalam tanah, galena akan cepat lapuk membentuk anglesite, cerusite, pyromorphite atau mineral timah lainnya. Mineral-mineral inilah yang sering dijadikan penanda di permukaan untuk mengungkap keberadaan galena dibawahnya.

Kegunaan Galena

Galena adalah mineral yang sangat penting karena berfungsi sebagai bijih untuk sebagian besar produksi timbal di dunia. Galena juga merupakan bijih yang signifikan dari perak. Kegunaan timbal paling penting saat ini adalah dalam baterai timbal. Sebuah baterai khusus mengandung sekitar 20 pon timbal dan harus diganti setiap empat atau lima tahun. Baterai timbal juga digunakan sebagai sumber pasokan listrik darurat untuk jaringan komputer, fasilitas komunikasi, dan sistem penting lainnya. Timbal juga merupakan salah satu logam yang digunakan dalam sistem penyimpanan energi yang terkait dengan pembangkit listrik dan kendaraan hybrid.