Monday, June 6, 2016

Kamus Istilah Geologi Online Glossary "B"

loading...

KAMUS GEOLOGI ONLINE

Untuk istilah geologi yang diawali dengan huruf lain Klik Disini

Bar

Bar adalah sebuah endapan, biasanya pasir dan/atau kerikil, yang terbentuk dari pengendapan dan aktifitas berulang dari sedimen oleh arus dan/atau gelombang. Bar biasanya terjadi di sungai, muara sungai, dan di perairan lepas pantai.

Ball Mill

Ball Mill adalah sebuah perangkat/alat yang digunakan untuk mengurangi (reduced) ukuran partikel, bahan kimia kering, bijih hasil penambangan, dan bahan padat lainnya.

Back Arc

Back arc adalah wilayah tektonik pada bagian sisi darat dari busur vulkanik.

Batubara

Batubara adalah bahan bersifat karbon yang terjadi secara alamiah. Bisa juga berarti batuan bersifat karbon berbentuk padat, rapuh, berwarna coklat tua sampai hitam, dapat terbakar, yang terjadi akibat perubahan/pelapukan tumbuhan secara kimia dan fisik. Batubara dapat dibeda-bedakan menurut jenis tumbuhan pembentuknya, peringkat metamorfosisnya dan tingkat bahan pengOtornya. Klasifikasi seluruh batubara didasarkan pada faktor-faktor diatas tadi.

Batubara Abu

Batubara abu adalah batubara dalam bentuk abu karena penambangan dan proses penghancuran alamiah, atau hasil gerusan dan disaring berukuran lebih kecil dari 0.5 mm.

Batubara Bitumen

Batubara bitumen adalah batubara relatif lunak yaitu semua jenis batubara dengan peringkat antara lignit dan antrasit, mempunyai kandungan bahan karbon tinggi, zat terbang rendah antara 15% - 50% pada analisa kering bebas abu (DAF). Batubara bitumen yang paling banyak dijumpai berwarna coklat tua sampai hitam, terbakar dengan nyala berasap. Nilai kalorinya diatas 6300Kkal/Kg (lembab bebas bahan mineral/moist MMF).

Bed (Batubara)

Bed batubara adalah perlapisan atau lapisan batubara yang merupakan endapan yang besar yang terdapat pada formasi geologi. Bed juga berarti lapisan batubara yang biasanya berkualitas rendah atau batubara kotor yang sengaja dihamparkan dan dipadatkan dipermukaan (tanah yang diperkeras atau lapisan kerikil padat) sebagai alas batubara bersih. Istilah Bed juga berarti lapisan batubara sebagai bahan bakar pada sistem pembakaran fluidized bed. Breksi ; Batuan sedimen dengan ukuran butir lebih besar dari 2 mm dengan bentuk butiran yang bersudut.

Babit (babbitt metal)

Babit adalah paduan logam berwama putih dengan unsur utama timah putih atau timbal (timah hitam) dan sejumlah kecil antimon, tembaga, dan logam lain; babit dipergunakan untuk bantalan poros.

Badeleit (baddeleyite)

Badeleit adalah mineral dengan komposisi kimia ZrO2 (zirkonium oksida) pertama kali diternukan dalam kumpulan pasir batu permata di Srilanka; mineral ini merupakan sumber zirkonia yang dipakai dalam bahan-bahan tahan api.

Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Bahan berbahaya dan beracun (B3) adalah bahan yang karena sifat, konsentrasi, jumlah, secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemari dan atau merusak lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta mahluk hidup lain.

Bahan Galian Industri (industrial mineral)

Bahan galian industri adalah bahan galian tambang bukan bijih yang pada umumnya digunakan sebagai bahan baku industri; penggunaan dalam industri banyak ditentukan oleh sifat fisika seperti warna, ukuran partikel, kekerasan, plastisitas, daya serap, dan lain-lain, msl. Batu gamping, bentonit, kaolin, dan zeolit; sin. Mineral industri.

Bahan Galian Logam (metallic mineral)

Bahan galian logam adalah bahan galian atau mineral yang mengandung logam, memiliki kilap logam dan umumnya bersifat sebagai penghantar panas dan listrik yang baik, sin. mineral logam.

Bahan Galian Strategis (strategic mineral)

Bahan galian strategis adalah bahan galian yang mempunyai arti strategis untuk pertahanan, keamanan, dan ketahanan ekonomi negara berdasarkan undang-undang yang berlaku, msl. Minyakbumi, gas ala, batu bara, uranium, nikel, dan timah bahan galian tak vital dan tak strategis - nonvital and nonstrategis.

Bahan Peledak (explosives)

Bahan peledak adalah senyawa kimia yang dapat bereaksi dengan cepat apabila diberikan suatu perlakuan; menghasilkan sejumlah gas bersuhu dan bertekanan tinggi.

Bahan Peledak Bersyarat (permissible explosive)

Bahan peledak bersyarat adalah bahan peledak yang telah diizinkan untuk digunakan di dalam tambang bawah tanah dan tempat-tempat lain yang banyak mengandung gas yang mudah meledak.

Bahan Peledak Kuat (high explosive)

Bahan peledak kuat adalah jenis bahan peledak dengan kecepatan rambat gelombang kejut yang tinggi (1525 - 7620 m/dt); untuk meledakkannya tidak selalu diperlukan detonator, efek peledakannya menghancurkan (shattering).

Bahan Peledak Lemah (tow explosive)

Bahan peledak lemah adalah jenis bahan peledak yang mempunyai kecepatan rambat-gelombang yang relatif rendah, perubahan menjadi fase gas adalah sebagai akibat dari pembakaran dan bukan karena detonasi, efek ledakannya mengangkat dan mendorong (heaving).

Bahan Peledak Polar (polar explosive)

Bahan peledak polar adalah bahan peledak yang mengandung bahan anti beku, bahan peledak yang mengandung nitrogliserin jika disimpan terlalu lama pada temperatur rendah cenderung mudah membeku.

Baja (steel)

Baja adalah logam paduan besi yang mengandung tidak lebih dari 2,5% karbon.

Baja Abnormal (abnormal steel)

Baja abnormal adalah baja diperkeras atau baja paduan yang derajat kekerasannya didasarkan atas komposisinya dan bukan berdasarkan proses karburisasi atau proses perlakuan panas.

Baja Cepat (high speed steel)

Baja cepat adalah paduan baja dengan komposisi 18% W, 8% Cr, 1% V, 0,7% C,serta mempunyai tahan panas dan ketahanan aus; dipergunakan untuk bahan perkakas pemotong, rol pembuat pelat logam, cetakan logam, dan bagian mesin yang harus tahan aus; sin. Baja kecepatan tinggi.

Baja Elektrik (electrical steel)

Baja elektrik adalah jenis baja lembaran untuk generator, motor, dan transformator listrik; mempunyai kadar karbon sangat rendah dan kadar si antara 0,5 - 5%.

Baja Lunak (mild steel)

Baja lunak adalah baja dengan kandungan karbon sampai dengan 0,20% dan tidak mengandung unsur lain selain si dan mn; banyak dipergunakan untuk bahan konstruksi baja karena mempunyai sifat mampu las dan mampu dibentuk yang baik.

Baja Nikel Kromium (nickel chromium steel)

Baja nikel kromium adalah baja yang mengandung nikel dan kromium sebagai unsur paduan; 1,5-4% nikel ditambah 0,5-2% kromium dapat menghasilkan logam paduan dengan kuat tarik, kesadahan dan kekerasan tinggi.

Baja Paduan Rendah (low alloy steel)

Baja paduan rendah adalah baja dengan jumlah kandungan logam lain kurang dari 15; fase keseimbangannya berkaitan dengan diagram Fe-C; sin. Baja aliase rendah.

Baja Rim (rimmed steel)

Baja rim adalah baja yang tidak mengalami deoksidasi sehingga terjadi pelepasan gas dan baja, seperti mendidih pada saat proses pembekuan; gas yang terperangkap akan membentuk pori di dalam ingot baja rim ini; sin. Baja aktif.

Baja Tuntas (killed steel)

Baja tuntas adalah baja yang telah mengalami proses deoksidasi penuh, sehingga tidak terjadi pelepasan gas pada saat pembekuan: silikon dan mangan merupakan unsur yang umum digunakan sebagai bahan deoksidasi; sin. Baja lemas.

Baja-Nikel (nickel steel)

Baja-nikel adalah baja yang mengandung nikel sebagai unsur paduan dengan jumlah yang bervariasi antara 0,5 - 6,0% yang dimaksudkan untuk menaikkan kekuatan sampai kondisi normal, memberikan kesadahan dalam minyak.

Bankfull Stage

Bankfull stage adalah ketinggian aliran air yang mengisi saluran alami. Jika air naik lebih tinggi, maka air tersebut akan melampaui tepi sungai dan banjir akan terjadi.

Bank Storage

Bank storage adalah air yang merembes ke dalam tanah di sepanjang tepi sungai. Hilangnya air ke dalam tanah akan mengurangi ketinggian air di dalam sungai.

Basalt

Basalt adalah batuan beku ekstrusif berwarna gelap, bertekstur halus, komposisi mineralnya terutama terdiri dari plagioklas feldspar dan pyroxene. Basalt dianggap sebagai salah satu komponen utama dari kerak samudera dan jenis batuan yang paling umum dari aliran lava.

Base Flow

Base Flow adalah air yang merembes ke sungai melalui batuan ataupun unit sedimen permeabel yang singkapannya berada di bawah atau tepi sungai.

Base Level

Base level adalah batas bawah erosi oleh aliran air. Permukaan laut adalah batas utama paling bawah, tetapi danau, waduk, dan lokasi lainnya dari sebuah aliran air yang rendah dapat berfungsi sebagai batas paling bawah.

Batimetri (bathymetry)

Batimetri adalah pengukuran dan penyusunan peta kedalaman laut yang menampilkan kedalaman air atau topografi dasar laut.

Bauksit (bauxite)

Bauksit adalah bijih utama pembuatan aluminium yang berkomposisi aluminium oksida dan hidroksida yang terbentuk dari pelapukan kimia yang intens di lingkungan tropis.

Bedrock

Bedrock adalah batuan padat di bawah tanah, lapisan tanah, sedimen, atau penutup permukaan lainnya. Di beberapa lokasi biasanya telah tererosi dan muncul ke permukaan bumi.

B-Horizon

B-Horizon adalah lapisan tanah yang berada di bawah A-horizon, dimana merupakan tempat akumulasi dari material diatasnya yang mengalami leaching (pencucian). Biasanya horizon-B banyak mengandung besi, lempung, aluminium, dan senyawa organik.

Block Vulkanik

Block vulkanik adalah sebuah batu besar dengan diameter > 64 milimeter yang dikeluarkan dari gunung berapi selama letusan eksplosif.

Blowout

Blowout adalah sebuah kondisi tekanan dari bawah permukaan yang tidak terkendali pada suatu sumur minyak atau gas yang dipicu ketika bor menembus unit batuan bertekanan tinggi.

Boulder (bongkah)

Boulder (bongkah) adalah Sebuah istilah yang digunakan untuk partikel sedimen yang berukuran lebih besar dari 256 milimeter. Boulder (bongkah) merupakan partikel terbesar dari sedimen yang biasanya terdapat di sungai, dan dapat mencapai ukuran sebuah rumah.

Untuk istilah geologi yang diawali dengan huruf lain Klik Disini

loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner