Sunday, June 5, 2016

Kamus Istilah Geologi Online Glossary "A"

loading...
Kamus Istilah Geologi Online

KAMUS GEOLOGI ONLINE

Untuk istilah geologi yang diawali dengan huruf lain Klik Disini

Ablasi (Ablation; gletser)

Ablasi gletser adalah hilangnya es atupun salju dari gletser melalui proses apapun, termasuk meleleh, sublimasi, penguapan, erosi karena angin, dan "caving".



Ablasi (Ablation; meteorit)

Ablasi meteoroid adalah hilangnya bahan penyusun permukaan meteoroid saat melewati atmosfer bumi. Hal ini disebabkan karena molekul udara bertabrakan dengan Meteoroid pada kecepatan yang tinggi (minimal 20 kilometer per detik). Jalur dari partikel ablasi ini sering terlihat dari Bumi sebagai garis bercahaya terang yang biasanya disebut "shooting star" atau jejak Meteoroid.

Ablasi (sedimen dan tanah)

Ablasi sedimen dan tanah adalah hilangnya partikel tanah dan sedimen berukuran kecil dari permukaan tanah akibat aksi yang terus-menerus dari angin. Hasil akhirnya, semua partikel akan terbawa oleh angin dan meninggalkan permukaan batauan yang dikenal sebagai "desert pavement".

Accretionary Wedge

Accretionary Wedge adalah Sebuah massa sedimen dasar laut yang terakumulasi pada batas antara lempeng samudera yang konvergen dan lempeng benua. Sedimen dari atas lempeng samudera akan dipaksa masuk ke bawah lempeng benua oleh aktivitas tektonik.


Acidic Rock (Batuan Asam)

Batuan Asam (Acidic Rock) adalah batuan beku yang memiliki kandungan silika relatif tinggi. Contohnya adalah granit dan riolit.





Agate

Agate adalah mineral kuarsa cryptocrystalline yang tembus cahaya dan bergaris-garis (bands), biasa mengandung inklusi yang menghasilkan variasi warna yang menarik. Agate cukup populer digunakan sebagai gamestone.




A-Horizon (Horizon A)

Horizon A adalah lapisan tanah yang berada di bawah material organik permukaan. Horizon A terdiri atas campuran material organik dan mineral. Mayoritas organisme tanah hidup dalam lapisan ini.





Aktinolit (Actinolite)

Aktinolit adalah mineral berwarna hijau keabu-abuan, berasal dari kelompok amphibole, banyak ditemukan dalam batuan metamorf, dan kadang memiliki tekstur berserat.

Alkali

Dalam kimia, alkali adalah zat dasar seperti natrium hidroksida atau natrium karbonat. Zat-zat ini memiliki kemampuan untuk menetralisir asam serta membentuk garam. Dalam geologi, alkali merupakan kata sifat yang digunakan dalam referensi untuk mineral silikat atau batuan yang kaya akan logam alkali seperti natrium atau kalium. Ortoklas, plagioklas, dan mikroklin biasa disebut "Alkali feldspar".

Air Asam Tambang

Air Asam Tambang (Acid Mine Water) adalah air yang sifatnya asam yang terbentuk akibat reaksi mineral sulfida, oksigen, dan air selama proses penambangan. Air asam tambang biasanya membawa logam terlarut yang mengendap pada sebuah saluran (drainase) yang biasa disebut sebagai "Saluran Asam Tambang"(Acid Mine Drainage/AMD). Tambang batubara dan tambang mineral logam adalah sumber penghasil air asam tambang.

Akuifer (aquifer)

Akuifer adalah unit batuan dibawah permukaan ataupun unit sedimen dan tanah yang sifatnya berpori dan permeabel. Untuk menjadi akuifer, batuan harus memiliki sifat-sifat tersebut sehingga batuan akan mudah mengirimkan sejumlah air yang berguna.

Alluvial Fan (Kipas Alluvial)

Kipas alluvial adalah akumulasi sedimen berbentuk kipas yang terbawa oleh sungai dari ngarai/lembah yang curam ke daerah datar. Deposit aluvial biasanya terbentuk pada kondisi iklim kering atau semi kering.


Alluvium

Alluvium adalah akumulasi sedimen yang terkonsolidasi dari hasil aktivitas sungai, termasuk pasir, lanau, lempung ataupun kerikil. Ditampilkan dalam foto adalah singkapan dari alluvium.




Amethyst

Amethyst adalah variasi kuarsa transparan yang warnanya berkisar dari ungu terang sampai ungu tua. Amethyst merupakan salah satu gamestone paling populer dan banyak ditemukan hampir disetiap deposit diseluruh dunia.

Amphibolite

Amphibolite adalah batuan metamorf non-foliasi yang terbentuk melalui rekristalisasi dalam kondisi viskositas dan tekanan tinggi. Amphibolite biasanya tersusun atas mineral utama berupa hornblende dan plagioklas, serta sedikit kuarsa.

Ammonite

Ammonite adalah kelompok hewan laut invertebrata yang menghasilkan "shell Chambered". Fosil mereka sering dipotong dan digunakan sebagai batu hias atau perhiasan. "Ammonites Agatized" adalah batu permata organik yang populer.



Antiklin 

Antiklin adalah lapisan yang membentuk dua sisi kemiringan berlawanan arah (seakan-akan mempunyai kemiringan yang berlawanan) sama seperti atap rumah.

Antrasit

Antrasit adalah batubara keras dengan peringkat tertinggi, berwarna hitam dengan kilap tinggi, mengandung persentasi tinggi karbon tertambat (karbon tetap) biasanya antara 92% - 98% (dalam basis kering , bebas bahan mineral/DMMF). Antrasit sukar terbakar dan bila terbakar menimbulkan nyala pendek berwarna biru tanpa asap. Dari segi tingkat pengkarbonan (carbonization) hanya grafit (yang tidak termasuk batubara) yang berada pada tingkat yang lebih tinggi. Antrasit dapat pula berarti batubara jenis apa saja yang mempunyai nilai kalori lebih besar dari 5700 Kkal/Kg.

Arkose

Arkose adalah batu pasir yang mengandung setidaknya 25% feldspar. Batuan ini mudah dikenali karena butiran feldsparnya yang berwarna merah muda dengan bentuk butir cenderung angular.

Atol (Atoll)

Atol adalah Pulau berbentuk cincin atau kelompok pulau-pulau karang yang dikelilingi oleh air laut dengan laguna dangkal di tengahnya. Biasanya terdapat sebuah celah sempit di sudut pulau yang menghubungkan laguna dengan laut.



Attitude (Batubara)

Attitude Batubara adalah tingkatan perubahan kemiringan lateral dari lapisan batubara yang berhubungan dengan topografi permukaan. Tingkat perubahan ini merupakan faktor yang perlu untuk pertimbangan pilihan lokasi penambangan yang akan dikembangkan karena berkenaan dengan tingkat.pertambahan kedalaman tambang batubara.


Untuk istilah geologi yang diawali dengan huruf lain Klik Disini

loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner