Friday, June 17, 2016

Fakta dan Informasi Menarik Tentang Intan (Diamond)

Intan adalah mineral yang sangat menarik karena sangat tahan terhadap berbagai jenis pelapukan. Intan adalah sesuatu yang langka, yang terjadi secara alamiah dan disusun oleh elemen karbon (C). Beberapa jenis intan terbentuk dari zona subduksi, impact asteroid, bahkan ada yang berasal dari meteorit. Di bawah ini disajikan fakta dan informasi menarik tentang intan yang wajib kamu ketahui.


Intan Merupakan Mineral yang Paling Keras
Dengan kekerasan sepuluh pada Skala Mohs, intan adalah mineral yang paling keras. Akibatnya, satu-satunya alat yang bisa digunakan untuk memotong intan harus dibuat dari intan itu sendiri (dari jenis yang berbeda).

Amerika Serikat Konsumen Intan No 1
Amerika Serikat adalah konsumen terkemuka di dunia batu permata. Pada tahun 2014 negara itu mengkonsumsi sekitar $ 22,500,000,000 batu berkualitas permata. Nilai tersebut sama artinya dengan 35% dari produksi permata intan di dunia.

India Produsen Pertama Intan Secara Komersial
Berlian pertama kali ditemukan di India sekitar 2400 tahun yang lalu, dan India adalah produsen komersial pertama intan. Negara ini mendominasi produksi intan komersial saat itu hingga berakhir pada saat penemuan deposit besar-besaran intan di Amerika Selatan pada tahun 1730.

Nilai 4 "C" dalam Intan dan istilah "Fancy Diamonds"
Nilai sebuah berlian adalah berdasarkan 4 "C" yaitu Carat (karat), Clarity (kejelasan), Colorless (warna), dan Cut Quality (kualitas pemotongan-nya). Kebanyakan intan hadir dalam berbagai warna, dari berwarna jernih, kuning, hingga coklat. Semakin berwarna maka nilainya akan semakin tinggi. Beberapa jenis intan alami berada pada rentang warna khas putih-kuning-coklat, atau dengan rona pink, biru, ungu, merah, ataupun oranye. Pencinta intan sangat menyukui rona seperti ini, karena rona tersebut sangat prestisi untuk dimiliki. Intan dengan rona tersebut sering disebut sebagai "Intan Mewah" (Fancy Diamonds).

Penyebab Warna dalam Intan
Seperti pada batu permata lainnya, varian warna dalam intan dapat disebabkan oleh unsur pengotor, panas, ataupun radiasi. Nitrogen di batuan akan menyebabkan warna kuning. Iradiasi dapat menghasilkan warna hijau. Iradiasi apabila digabungkan dengan pemanasan dapat menghasilkan hampir semua jenis warna.

Intan adalah Permata dari Panas dan Tekanan
Intan merupakan mineral yang terbentuk pada suhu dan tekanan tinggi. Mereka tidak terbentuk secara alami di permukaan bumi atau pada kedalaman yang dangkal. Lingkungan pembentukan intan berada pada mantel bumi, sekitar 100 mil (160 km) di bawah permukaan.
fakta menarik tentang intan
Sifat fisik intan dan macam-macam lingkungan pembentukannya.

Intan merupakan Polimorf Karbon (C)
Polimorf berarti "banyak bentuk", intan dan grafit adalah contohnya. Mereka sama-sama tersusun atas unsur karbon, tetapi memiliki sifat yang berbeda. Perbedaan ini dihasilkan dari struktur kristal dan jenis ikatan antara atom karbon mereka.

Intan Sintetis untuk Industri
Orang-orang telah mampu memproduksi intan sejak 1950-an. Pada awalnya, biaya untuk memproduksi intan sangatlah tinggi. Namun sekarang, lebih dari 100 ton intan sintetis diproduksi setiap tahunnya. Sebagian besar jenis intan ini digunakan untuk membuat alat pemotong dan sebagai bahan abrasive.

Deposit Intan Terbesar
Deposit intan terbesar yang diketahui saat ini adalah di Kawah Popigai di Rusia. Diduga, deposit ini terbentuk akibat "impact" asteroid yang menyalurkan panas dan energi untuk mengkonversi karbon di permukaan menjadi intan.

Intan Sintetis untuk Perhiasan
Orang-orang telah berhasil membuat intan sintetis untuk digunakan dalam perhiasan. Hasilnya, sebuah potongan bahan yang mirip dengan intan alami. Kemiripan ini sangat sulit untuk dibedakan, bahkan oleh gemologists berpengalaman sekalipun. Perbedaannya hanya dapat diidentifikasi dengan melakukan tes laboratorium.

Tambang Intan Terpopuler
Intan yang paling terkenal di dunia ditemukan di tambang intan Cullinan di Provinsi Gauteng Afrika Selatan. Tambang ini pernah menghasilkan intan seberat 507 karat yang diberi nama Intan "Cullinan Heritage". Intan tersebut mempunyai kualitas dan clarity yang ekstrim.

Kanada dapat memimpin Produksi Intan di Masa Depan ??
Tambang intan kualitas komersial di Kanada pertama kali diproduksi pada era 1990-an. Sejak saat itu, beberapa tambang intan di Kanada telah menjadi produsen terkemuka di dunia.

Kamu dapat menambang Intan di daerah ini !
Hanya ada satu tambang intan di dunia, dimana setiap orang dapat menjadi penambang. Tambang tersebut berada di "kawah Intan State Park" di Arkansas. Hanya dengan membayar beberapa dolar saja, kamu dapat menambang selama sehari dan berhak membawah pulang hasil yang anda peroleh.

Intan dari Luar Angkasa
Intan yang berasal dari ruang angkasa banyak ditemukan di beberapa meteorit dan akibat impact meteorit dengan bumi. Diperkirakan tumbukan yang kuat menghasilkan panas dan tekanan tinggi sehingga mampu mengubah karbon di permukaan bumi menjadi intan.

Intan Oktahedral
Banyak intan yang dipotong memiliki bentuk geometris. Kristal intan alami ini umumnya berada dalam bentuk segi delapan. Bentuk ini mirip dengan dua piramida empat sisi terhubung pada bagian dasarnya yang menghasilkan padatan geometris dalam delapan bentuk.

Intan untuk Pengeboran (Drilling)
Pengeboran sumur minyak dan gas pada kedalaman ratusan hingga ribuan meter akan melalui batuan-batuan yang keras, sehingga membutuhkan mata bor (bit) yang juga harus keras. Intan kecil yang tertanam di permukaan bit berguna untuk menghadapi kondisi demikian.


Intan merupakan permata dengan 1 Elemen
Intan memiliki komposisi sederhana, karena mereka hanya terdiri dari karbon (C). Intan adalah satu-satunya batu permata yang tersusun hanya satu elemen. Jejak elemen lain yang ada didalam intan hanya sebagai pengotor yang berfungsi memberikan varian warna.

Rekor Harga Intan Kasar (Rough Diamond)
Harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah berlian kasar adalah $ 35.300.000. Rekor ini dipegang oleh Chow Tai Fook, perusahaan perhiasan terbesar di Hong Kong dengan membeli intan "Cullinan Heritage" seberat 507 karat pada tahun 2010.

Amerika Serikat hanya mempunyai 1 Tambang Intan
Meskipun Amerika Serikat adalah konsumen terbesar dari permata intan, namun sebenarnya amerika dikatan hampir tidak mempunyai tambang intan. Satu-satunya tambang intan di amerika serikat berada di sebuah taman negara, dimana wisatawan dapat membayar biaya per hari untuk mencari intan di lokasi tersebut. Produksi intan dari lokasi ini hanya menghasilkan beberapa ratus karat per tahun.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner