Follow By Email

Evaluasi Pertambangan Lithium di Amerika Selatan

loading...
Permintaan yang meningkat untuk lithium dalam beberapa tahun ke depan menarik minat investor untuk melakukan investasi di Chile, Argentina, dan Bolivia, yang merupakan daerah-daerah dengan cadangan lithium terbesar di dunia. Bolivia memiliki deposit terbesar dari lithium, tetapi infrastruktur dasar, peraturan lingkungan yang berbelit-belit, dan keraguan akan keamanan investasi akan terus menimbulkan hambatan bagi investor untuk memasuki negara ini.

lithium di bolivia, chile, dan argentina
Tambang lithium di Atacama, Chile.
Industri lithium Chile adalah yang paling matang di Amerika Selatan, dengan cadangan lithium yang berkualitas lebih tinggi dari bolivia dan lebih mudah dieksploitasi. Namun peraturan konstitusional mineral sebagai aset strategis telah mempersulit proses investasi dan dapat memperlambat investasi masa depan di negara tersebut. Sedangkan di Argentina, reformasi regulasi untuk mendorong investasi di sektor pertambangannya kemungkinan akan mempercepat pertumbuhan industri lithium. Negara tersebut diprediksi memiliki tingkat pertumbuhan industri tercepat dari bolivia maupun chile. Tiga  negara ini sering dikenal dengan sebutan "segitiga lithium".

Pertanyaannya sejauh mana pasar lithium akan tumbuh ??. Tren pasar menunjukkan bahwa lithium akan menjadi sektor yang menguntungkan dalam lima tahun ke depan. Permintaan akan lithium tumbuh tiap tahunnya rata-rata 11 persen (data tahun 2010 - 2015), dan terjadi kenaikan harga hampir 99 persen untuk lithium murni yang di ekspor ke China yang merupakan pasar lithium terbesar di dunia. Pertumbuhan permintaan lithium diproyeksikan akan terus berlangsung, hal ini disebabkan terjadinya kekurangan pasokan dan meningkatnya permintaan baterai lithium-ion untuk digunakan dalam kendaraan listrik seta penyimpanan energi berbasis baterai.


Joe Lowry, presiden perusahaan advisor "global Lithium", mengharapkan permintaan global untuk lithium meningkat menjadi 280.000 - 285.000 ton pada tahun 2020 dari sebelumnya sekitar 163.000 ton pada tahun 2015. Bolivia, Chile, dan Argentina cenderung menjadi pemain kunci dalam industri lithium, dengan sebutan "segitiga lithium" (mulai dari Uyuni di Bolivia, Atacama di Chili, dan Hombre Muerto di Argentina). Dari ketiga daerah tersebut, lebih dari 70 persen cadangan lithium berasal. Ketiga negara tersebut telah berkomitmen untuk berinvestasi dan mengembangkan deposit lithium mereka, serta menawarkan berbagai kerjasama dengan investor yang berasal dari luar.

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Geologinesia Updated at: 09.00.00

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

Artikel Terbaru

loading...

Arsip Blog

Berlangganan Artikel Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.