Jumat, 13 Mei 2016

MINERAL BIOTIT DAN KEGUNAANNYA

Pengertian Mineral Biotit

Mineral biotit adalah nama yang digunakan untuk kelompok besar mineral mika hitam yang biasanya ditemukan dalam batuan beku dan metamorf. Mineral kelompok mika sangat bervariasi komposisi kimianya, tetapi sifat fisiknya sangat mirip yaitu bahwa semua mineral mika membentuk lembaran silikat. Umumnya, komposisi kimia biotit adalah : K (Mg, Fe)2-3 Al1-2 Si2-3 O10 (OH,F)2.


Nama "biotit" biasanya digunakan di lapangan karena kelompok mineral mika hitam (annite, siderophyllite, fluorophlogopite, eastonite, dsb) umumnya tidak dapat dibedakan tanpa pengamatan optik, kimia, ataupun x-ray analisis. Biotit adalah mineral utama yang ditemukan dalam berbagai batuan beku seperti granit, diorit, gabro, peridotit dan pegmatit.

Biotit juga dapat terbentuk pada kondisi metamorfik ketika batulempung terkena panas dan tekanan hingga membentuk sekis dan gneiss. Meskipun biotit sangat tidak tahan terhadap pelapukan dan dapat berubah menjadi mineral lempung, tetapi kadang-kadang biotit masih dapat ditemukan dalam material sedimen dan batupasir.
sifat fisik mineral biotit
Kenampakan mineral biotit dan sifat fisiknya.

Sifat-sifat Fisik Mineral Biotit

Biotit sangat mudah untuk diidentifikasi, dan dengan sedikit pengalaman seseorang akan dapat mengenalinya secara visual. Biotit merupakan mika hitam dengan belahan yang sempurna dan kilap vitreous. Ketika biotit dipisahkan menjadi lembaran tipis, lembaran tersebut sebenarnya bersifat fleksibel, tetapi apabila dilenturkan lebih kuat lagi maka lembaran tersebut akan patah.


Lembaran biotit apabila disinari maka akan tembus cahaya dan menghasilkan pendaran berwarna coklat, abu-abu atau kehijauan. Geologist yang berpengalaman kadang-kadang dapat mengenali phlogopite dengan warna coklatnya. Sifat fisik biotit secara lengkap dapat dilihat pada gambar diatas.

Macam-macam Jenis Mineral Biotit

Seperti disebutkan di atas, biotit adalah nama yang digunakan untuk sejumlah mineral mika hitam yang memiliki komposisi kimia yang berbeda tetapi sifat fisik sangat mirip. Mineral ini umumnya tidak dapat dibedakan dari satu sama lain tanpa analisa laboratorium. Untuk dapat melihat macam-macam jenis mineral biotit beserta komposisi kimianya, perhatikan pada gambar dibawah ini.
macam-macam jenis biotit
Macam-macam jenis biotit beserta komposisi kimianya.

Kegunaan Mineral Biotit

Mineral biotit memiliki kegunaan secara komersial seperti dapat digunakan sebagai pengisi dan "extender" dalam cat, sebagai aditif untuk lumpur pengeboran, sebagai pengisi inert dan media cetakan, dan sebagai lapisan permukaan pada industri aspal. Biotit juga digunakan dalam potassium-argon dan metode-metode argon pada dating batuan beku.

Biotit sering mengelabui para pendulang emas, baik itu yang berpengalaman sekalipun. Serpihan kecil biotit dalam dulang dapat menghasilkan refleksi berwarna perunggu terang apabila terkena sinar matahari. Refleksi ini dapat menipu pendulang dengan berpikir bahwa ia telah menemukan emas.