Sunday, January 3, 2016

Ciri-Ciri dan Kemampuan Kecerdasan Emosional

Menurut sejumlah hasil penelitian, kecerdasan emosional memiliki peran yang jauh lebih signifikan dibanding  kecerdasan intelektual (IQ). Terbukti banyak orang yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi, kemudian terpuruk ditengah-tengah persaingan. Sebaliknya, banyak yang mempunyai kecerdasan intelektual biasa-biasa saja, justru sukses dalam pekerjaannya. Disinilah kecerdasan emosi (EQ) membuktikan eksistensinya.

Pencarian yang berhubungan dengan artikel ini : kecerdasan emosi, kecerdasan intelektual, emosi menurut goleman, kecerdasan eq, kecerdasan emosional anak, indikator kecerdasan emosional. Artikel kecerdasan emosi, kecerdasan emosional anak usia dini, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan kecerdasan emosional, melatih kecerdasan emosional. Faktor kecerdasan emosional, pengaruh kecerdasan emosional, artikel kecerdasan emosional, kecerdasan emosi anak.


Kecerdasan Emosional Menurut Goleman

Saat ini berkembang pandangan tentang kecerdasan lain yang lebih luas dari konsep baku IQ yaitu kecerdasan antar pribadi yang lebih menekankan pada pemahaman tentang perasaan, dan mengakui betapa pentingnya kemampuan emosional dan komunikasi. Prestasi akademik yang tinggi, predikat juara, ternyata tidak cukup mampu memberikan bekal untuk dapat merespon berbagai gejolak, kesulitan-kesulitan, dan berbagai dinamika kehidupan lingkungan yang sangat dinamis. Goleman, 2000 menggambarkan ciri-ciri kecerdasan emosional yang terdapat pada diri seseorang adalah berupa:
  1. Kemampuan memotivasi diri sendiri,
  2. Ketahanan menghadapi frustasi,
  3. Kemampuan mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan,
  4. Kemampuan menjaga suasana hati dan menjaga agar beban stres tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, berempati dan berdoa.

Kemampuan Memotivasi Diri

Kemampuan memotivasi diri sendiri merupakan kemampuan internal pada diri seseorang berupa kekuatan menjadi suatu energi yang mendorong seseorang untuk mampu menggerakkan potensi-potensi fisik dan psikologis atau mental dalam melakukan aktivitas tertentu sehingga mampu mencapai keberhasilan yang diharapkan.

Walaupun kemampuan memotivasi diri menjadi sesuatu yang sangat penting sebagai wujud dari kemandirian, namun dalam proses perkembangannya masih memerlukan peran orang lain untuk  memfasilitasi peningkatan motivasi seseorang. Untuk itu sepatutnyalah kita dapat membantu mengembangkan kemampuan menumbuhkan motivasi diri orang lain melalui :
  • Mengajarkannya untuk mengharapkan keberhasilan
  • Menyediakan kesempatan  untuk menguasai lingkungannya
  • Memberikan pendidikan yang relevan dengan gaya belajarnya
  • Mengajarkan untuk menghargai sikap tidak mudah menyerah
  • Mengajarkan pentingnya menghadapi dan mengatasi kegagalan

Pencarian lainnya terkait tulisan ini : kecerdasan emosional menurut goleman, melatih kecerdasan emosi anak, kecerdasan emosional menurut para ahli, indikator kecerdasan emosional menurut goleman. Kecerdasan emosi goleman, pengertian kecerdasan, aspek kecerdasan emosional, instrumen kecerdasan emosional, kecerdasan emosional goleman. Kecerdasan emosional daniel goleman, pentingnya kecerdasan emosional, hubungan kecerdasan emosional, kecerdasan emosional dalam belajar.


Kemampuan Menghindari Masalah dan Mengendalikan Diri

Kemampuan yang harus dikembangkan pada setiap individu adalah kemampuan untuk menghindari terjadinya masalah. Akan tetapi yang lebih penting adalah kemampuan melihat secara jernih setiap masalah yang dihadapi, untuk selanjutnya mampu memobilisasi kekuatan diri dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi tersebut.

Kesadaran diri adalah kecakapan yang diusahakan untuk diperkuat oleh sebagian besar perangkat psikoterapi, karena sebagian besar kehidupan emosional berada pada alam bawah sadar. Perasaan-perasaan yang bergejolak dalam diri kita tidaklah senantiasa melintasi ambang kesadaran. Agar emosi tidak berkembang ke arah negatif, seseorang perlu mengenali dirinya sendiri melalui pemikiran yang jernih untuk menyadari perasaan diri sepenuhnya, tidak tenggelam dalam permasalahan serta tidak mudah pasrah. Bilamana pengenalan diri dapat dilakukan dengan baik, maka akan sangat membantu seseorang untuk dapat menguasai diri.
Ciri-ciri kecerdasan emosional
Gambar ilustrasi kecerdasan emosional (sumber : jelajahinternet dotcom)

Kemampuan mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan menjadi ciri dari kecerdasan emosi. Selain itu, kemampuan mengadakan hubungan antar pribadi atau keterampilan sosial dan kemampuan menjaga agar beban stres tidak melumpuhkan kemampuan berpikir juga merupakan ciri dari kecerdasan emosional. Kecerdasan Emosional Spiritual (ESQ) merupakan suatu metode dan konsep yang jelas dan pasti dari kekosongan batin/jiwa.

Pencarian lain yang berhubungan dengan postingan ini : aspek-aspek kecerdasan emosional, kecerdasan emosional siswa, pengertian kecerdasan emosional. Makalah kecerdasan emosional, kecerdasan emosional adalah, kecerdasan emosional menurut daniel goleman, teori kecerdasan emosional, cara meningkatkan kecerdasan emosional. Daniel goleman kecerdasan emosional, faktor faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional, pengertian kecerdasan emosional menurut para ahli.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner