Follow By Email

Batuan Andesit dan Proses Pembentukannya

loading...

Apa Itu Batu Andesit ?

Andesit adalah nama salah satu batuan beku ekstrusif yang tersusun atas butiran mineral yang halus (fine-grained). Batuan beku ekstrusif ini biasanya ringan dan berwrna abu-abu gelap. Pada kondisi cuaca tertentu, Andesit sering terlihat berwarna coklat sehingga untuk mengidentifikasinya perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih detail. Andesit kaya akan mineral plagioklas feldspar dan biasanya mengandung biotit, piroksen, atau amphibole.

Pencarian yang berhubungan dengan artikel ini : batu andesit, batu alam andesit, andesit, batuan andesit, batu andesit adalah, jenis batu andesit, jenis batu alam andesit. Batuan andesit terbentuk dari, batu andesite, pengertian batuan andesit, foto batu andesit, batuan beku andesit, deskripsi batuan andesit, lava andesit. Gambar batu andesit, ciri ciri batu andesit, kegunaan batu andesit, deskripsi batuan beku andesit, gambar batuan andesit, kegunaan batuan andesit, apa itu batu andesit.


Nama Andesit berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Andesit di pegunungan Andes terbentuk sebagai lava "interbedded" bersamaan dengan deposit abu vulkanik (ash) dan tuf di bagian sisi-sisi stratovolcano yang curam. Stratovolcano andesit ditemukan di atas zona subduksi di Amerika Tengah, Meksiko, Washington, Oregon, Jepang, Indonesia, Filipina, Karibia, Selandia Baru, dan dibeberapa lokasi lainnya.
Macam-macam jenis batuan andesit
Gambar macam-macam batuan andesit.

Bagaimana Proses Terbentuknya Batuan Andesit ?

Andesit ditemukan dalam aliran lava yang dihasilkan oleh stratovulkano. Lava yang naik ke ke permukaan akan mengalami proses pendinginan dengan cepat, hal inilah yang menyebabkan tekstur andesit menjadi lebih halus. Butir mineral dalam andesit biasanya sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat tanpa menggunakan alat pembesar. Beberapa jenis andesit mengandung sejumlah besar "glass", dan ada juga yang terlihat jejak lava gas vesikular dengan tekstur amigdaloidal.

Andesit adalah batuan umum kerak benua yang biasanya berada di atas zona subduksi. Andesit umumnya terbentuk setelah "melting" (pelelehan/pencairan) lempeng samudera akibat subduksi. Subduksi yang menyebabkan "melting" pada zona ini merupakan sumber magma yang apabila naik ke permukaan akan membentuk Andesit.

Andesit juga dapat terbentuk jauh dari lingkungan zona subduksi. Sebagai contoh, batuan ini dapat terbentuk pada "ocean ridges" dan "oceanic hotspots" yang dihasilkan dari "pelelehan sebagian" (partial melting) batuan basaltik. Andesit juga dapat terbentuk selama letusan pada struktur dalam lempeng benua di mana sumber magma meleleh dalam kerak benua atau bercampur dengan magma benua. Kesimpulannya, ada banyak lingkungan lain dimana andesit mungkin dapat terbentuk.

Pencarian lainnya yang terkait dengan postingan ini : manfaat batu andesit, gambar batu alam andesit, pengertian batu andesit. Ciri batu andesit, fungsi batu andesit, ciri-ciri batuan andesit.

Pengertian Andesit Porfiri ?

Kadang-kadang andesit terlihat mengandung kristal plagioklas, amphibole, atau piroksen yang berukuran besar. Kristal-kristal besar ini dikenal sebagai "fenokris". Mereka mulai terbentuk ketika magma yang mengalami pendinginan di bawah permukaan mendekati suhu kristalisasi dari mineral-mineral tersebut. Kristalisasi mineral pada suhu tinggi ini mulai terbentuk di bawah permukaan dan tumbuh menjadi kristal besar sebelum magma meletus.


Ketika magma meletus atau keluar ke permukaan bumi sisa lelehan magma yang belum sempat terkristal tadi akan mengkristal dengan cepat akibat suhu dipermukaan yang lebih dingin. Hasil akhirnya, ini akan menghasilkan batuan dengan dua ukuran kristal yang berbeda. Kristal besar yang terbentuk perlahan-lahan dibawah permukaan (dikenal sebagai "fenokris"), dan kristal kecil yang terbentuk dengan cepat di permukaan (dikenal sebagai "groundmass"). "Andesit porfiri" adalah nama yang digunakan untuk batuan dengan dua ukuran kristal yang berbeda.

Definisi Andesit Sering Jadi Permasalahan

Banyak peneliti telah mengklasifikasikan batuan beku berdasarkan kimia dan komposisi mineralogi. Namun, semua klasifikasi tersebut belum dicapai satu kesepakatan untuk definisi baku dari Andesit. Untuk batuan bertekstur halus seperti andesit, klasifikasi batuan beku yang ada tidak mungkin digunakan secara tepat di lapangan ataupun dalam pembelajaran mahasiswa/siswa. Batuan Andesit membutuhkan analisis kimia atau mineral yang lebih spesifik.

Jika Anda memeriksa batuan yang tampak seperti andesit, tetapi Anda tidak yakin bahwa itu memenuhi klasifikasi mineralogi atau kimia andesit, maka Anda sebaiknya menyebut batuan tersebut sebagai "Andesitoid". Itu berarti bahwa untuk sementara batuan tersebut tampak seperti andesit, pemeriksaan atau pengujian kimia mikroskopis mungkin akan membuktikan lain.

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Geologinesia Updated at: 00.18.00

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

Artikel Terbaru

loading...

Arsip Blog

Berlangganan Artikel Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.