thumbnail

Klub Top Eropa Yang Belum Pernah di Degradasi

Klub Eropa sudah menjadi jargon dunia sepakbola sejak dahulu. Selain banyaknya pemain bintang dari seluruh penjuru dunia yang berkarir di Eropa. Salah satu penyebab mengapa Eropa menjadi panutan sepakbola dunia adalah ketatnya kompetisi yang berlangsung di benua biru tersebut. Uniknya ada beberapa Klub Top Eropa Yang Belum Pernah di Degradasi selama berpuluh-puluh tahun bahkan ada yang sudah menginjak angka ratusan tahun. Siapa sajakah mereka?

Baca juga artikel dibawah ini yang berkaitan dengan " olahraga " :
1. Taktik Sepakbola yang Terkenal Ampuh 
2. Fakta Menarik Seputar MotoGP


Ilustrasi Sepakbola
Gambar ilustrasi sepakbola

1. Paris Saint Germain 
Semenjak didirikan pada tahun 1970, Paris Saint Germain dengan cepat merangkak naik ke kasta tertinggi sepakbola Prancis, Ligue 1 hanya dalam waktu tiga tahun saja. Semenjak saat itu PSG tidak pernah turun ke Ligue 2 hingga hari ini. 

2. FC Porto 
FC Porto terkenal sebagai salah satu klub top Eropa yang berbasis di Portugal. Semenjak didirikan tahun 1934, Porto tidak pernah absen dari Primeira Liga Portugal. Bahkan mereka adalah klub pertama yang menjuarai kompetisi itu pada tahun 1934 silam. Hingga saat ini mereka tidak pernah terdegradasi dari kompetisi tertinggi sepakbola Portugal. 

3. Benfica 
Sama seperti Porto, Benfica adalah salah satu klub pertama yang menjadi kontestan Primeira Liga. Tim yang berbasis di ibukota Portugal, Lisbon ini bersama Porto menjadi tim yang tidak pernah terdegradasi dari Primeira Liga hingga tahun 2015 ini. 

4. Ajax Amsterdam 
Ajax Amsterdam sudah melekat sebagai salah satu simbol dari negara Belanda. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa mereka adalah tim tersukses Belanda dimana semenjak Eredivisie dibentuk pada tahun 1956 silam mereka tidak pernah sekalipun keluar dari persaingan juara, apalagi merasakan degradasi. Mereka menjadi klub tersukses di Belanda dengan raihan 33 Trofi Eredivisie. 

5. Hamburg SV 
Meski Hamburg SV tidak memiliki prestasi yang mentereng di Bundesliga dalam beberapa tahun belakangan ini bukan berarti mereka tidak memiliki catatan yang bagus. Klub yang didirikan tahun 1919 ini menjadi satu-satunya tim Jerman yang tidak pernah terdegradasi dari Bundesliga yang mulai digulirkan semenjak tahun 1959 silam. 

6. Inter Milan 
Sebelum tahun 2006 ada dua klub asal Italia yang tidak pernah terdegradasi dari Serie A, yaitu Juventus dan Inter Milan. Namun karena skandal Calciopoli yang mendera Juventus, akhirnya Inter Milan menjadi satu-satunya tim Italia yang tidak pernah terdegradasi dari Serie A hingga hari ini. 

7. Athletic Bilbao 
Meski prestasi Athletic Bilbao tidaklah sementereng Real Madrid maupun Barcelona, namun tim yang menjadi bagian dari pemrakarsa La Liga ini belum pernah terdegradasi dari kasta tertinggi sepakbola Spanyol tersebut. Mereka sudah memenangkan delapan Trofi La Liga dan mereka nyaris terdegradasi pada tahun 2006/2007 silam, tetapi mereka sanggup bertahan hingga hari ini. 

8. Barcelona 
Sebagai klub kedua tersukses di Spanyol, Barcelona tidak pernah sekalipun merasakan berkompetisi di Liga Adalante (Liga kasta dua Spanyol) hingga hari ini. Dengan mengumpulkan 23 Trofi La Liga, Barcelona nampaknya tidak akan merasakan pahitnya Degradasi dalam waktu dekat ini. 

9. Real Madrid 
Sukses di kancah domestik dan Internasional menjadikan Real Madrid bisa dikatakan sebagai Klub tersukses di seluruh dunia. Mengoleksi 32 Trofi La Liga dan 10 Trofi Liga Champions, prestasi Real Madrid ini belum ada yang bisa menandingi baik di Spanyol maupun di Eropa. Sebagai klub tersukses, Real Madrid belum pernah merasakan degradasi semenjak mereka dibentuk pada tahun 1902 silam.

Demikian beberapa Klub Top Eropa yang Belum Pernah di Degradasi, apakah salah satunya adalah klub idola anda?

Sumber: Tititk putih
thumbnail

Pasukan Pengaman Presiden RI (PASPAMPRES)

Pasukan Pengamanan Presiden RI (PASPAMPRES) merupakan pasukan gabungan dari kesatuan-kesatuan khusus Tentara Nasional Indonesia yang bertugas mengawal Very-Very Important Person (VVIP) negeri ini yang terdiri dari Presiden (RI 1), Wakil Presiden (RI 2), Istri/Suami Presiden (RI 3), Istri/Suami Wakil Presiden (RI 4), berikut keluarganya serta Tamu Negara setingkat Kepala Negara. Tugas ini kemudian dikelompokkan menjadi beberapa bagian yaitu : Paspampres Grup A, Paspampres Grup B, Paspampres Grup C, dan Paspampres Grup D.

Sejarah Terbentuknya Pasukan Paspampres

Pasukan Paspampres lahir bersama dengan Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sama halnya dengan kelahiran TNI dan Polri. Ketika kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan, terlihat adanya para pemuda pejuang yang berperan mengamankan Presiden. Para pemuda yang berasal dari kesatuan tokomu kosaku tai berperan sebagai pengawal pribadi, dan para pemuda eks PETA (Pembela Tanah Air) berperan sebagai pengawal istana.

Ketika keselamatan Presiden mulai terancam dengan didudukinya Jakarta oleh Belanda pada tanggal 3 Januari 1946. Mengingat kekuatan bersenjata Belanda semakin besar dan terpusat di Jakarta , serta pertimbangan intelijen RI saat itu yang memperkirakan adanya keinginan Belanda untuk menyandera Presiden RI dan Wakil Presiden RI, maka atas perintah yang dikeluarkan Mr. Pringgodigdo selaku Sekertaris Negara, diputuskan untuk melaksanakan operasi penyelamatan pimpinan nasional yang dikenal dengan istilah “Hijrah ke Yogyakarta”. 

Pada pelaksanaan penyelamatan ini telah ditampilkan kerjasama unsur – unsur pengamanan Presiden RI yang terdiri dari beberapa kelompok pejuang, ada kelompok yang menyiapkan Kereta Api Luar Biasa (KLB), ada yang mengamankan rute Jakarta – Yogyakarta, ada pula yang menyelenggarakan pengamanan di titk keberangkatan yang terletak di belakang kediaman Presiden Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur no 56, Jakarta.

Struktur Organisasi Paspampres

Paspampres juga beberapa kali mengalami perubahan nama dan struktur organisasi. Mulai dari awal Resimen Tjakrabirawa, Satgas Pomad Para hingga Paswalpres (Pasukan Pengawal Presiden), kalau orang yang hidup dan besar pada jaman Soeharto lebih akrab dengan nama Paswalpres. Paspampres merupakan pasukan gabungan dari kesatuan-kesatuan khusus Tentara Nasional Indonesia seperti: Kopassus, Marinir, Kopaskhas, dan Kostrad yang setiap prajurit atau anggotanya dipilih dari yang terbaik dari segi fisik, mental, inteligensi, postur, dan lain-lain.

Paspampres melakukan pengawalan
gambar ilustrasi paspampres yang melakukan pengawalan.

Paspampres dipimpin oleh seorang komandan yang disebut DANPASPAMPRES. Biasanya, selepas menjabat Danpaspampres orang yang memangku jabatan itu akan menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus (Danjen Kopassus), setelah lepas jabatan sebagai Danjen Kopassus biasanya akan menjadi seorang Panglima Kodam (tidak harus Kodam Jaya).

Berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/5/I/2010 tanggal 20 Januari 2010, organisasi Paspampres disempurnakan dengan komposisi sebagai berikut:
1. Unsur Pimpinan Komandan dan Wakil Komandan,
2. Unsur Pembantu Pimpinan terdiri dari Inspektorat, Staf Perencanaan, Staf Intelijen, Staf Operasi, Staf Personel dan Staf Logistik,
3. Unsur pelayanan tediri dari Pekas , Sekretariat dan Detasemen Markas,
4. Unsur Badan pelaksana terdiri dari Densi, Denkomlek, Denkes, Denpal, Denbekang dan Pusdalops,

Unsur pelaksana tugas paspampres terdiri dari:
1. Grup A Paspampres, berkekuatan 4 Detasemen, melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Presiden RI beserta keluarganya,
2. Grup B Paspampres, berkekuatan 4 Detasemen, melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap Wakil Presiden RI beserta keluarganya,
3. Grup C Paspampres, bertugas melatih dan membina kemampuan personil Paspampres TNI, serta 1 Detasemen latihan bertugas melatih dan membina kemampuan personel Paspampres,
4. Grup D Paspampres, berkekuatan 4 Detasemen melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap mantan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya.

Proses Rekrutmen Paspampres 

Dalam proses rekrutmen untuk bergabung dalam Paspamres, dilakukan seleksi yang sangat ketat terhadap para prajurit terbaik yang berasal dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) serta Angkatan Udara (AU). Mereka yang terpilih nantinya akan mengemban misi besar, yaitu mengamankan setiap jengkal perjalanan Kepala Negara ke seluruh pelosok negeri dan juga mancanegara.

Menjadi bagian dari Paspampres merupakan sebuah prestasi membanggakan. Terlebih dikarenakan hal Paspampres merupakan sebuah pekerjaan beresiko tinggi yang mengharuskan mereka yang dalam bergabung, berdiri di garda depan pengamanan layaknya pagar pengaman dan bertaruh nyawa bagi keselamatan jiwa para VVIP. Mereka yang bergabung bersama Paspampres diharuskan untuk mengikuti berbagai macam pelatihan guna meningkatkan skill awareness individu, yang tentunya tidaklah mudah untuk dijalankan. Maka tidaklah berlebihan jika menjadi bagian dari Paspampres merupakan sebuah upaya pengabdian bagi Negara.

Perlengkapan, Senjata, dan Kendaraan Tempur Paspampres

Paspampres biasanya bersiaga mengawasi keamanan sambil membawa senjata MP-5. Dilihat dari ukuran senjata buatan negara Jerman ini memang wajib alias kudu dibawa Paspampres karena terbilang kecil dan cocok untuk menangani serangan (ambush) dalam kota (urban war) saking kecilnya dibuatlah inovasi koper berisi senjata MP5. Jika ada yang membahayakan, tinggal mengarahkan koper ke arah target dan menekan picu. Peluru kaliber 9 mm dijamin ampul bakal melumpuhkan musuh. Koper khusus ini dibuat dari bahan polimer padat dan kotak alumunium dengan plastik sebagai penutupnya. Koper ini memiliki ukuran sebesar 20x15x5 inchi. Tak jauh beda dengan koper pada umumnya.

Dilihat dari sisi praktis dan penyamaran dapat dibilang lumayan untuk standar pengamanan VVIP, namun barangkali ada kendala pada proses reload dan akurasi. Dibanderol dengan harga 19 jutaan, senjata ini juga banyak digunakan pada pasukan pengamanan lain di belahan dunia. Untuk melindungi orang nomer satu dan orang nomer dua di Republik ini, sudah barang tentu Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) harus dibekali dengan beragam perangkat perlindungan yang memadai. Untuk menunjang misi pengamanan VVIP tersebut, salah satunya dengan kendaraan tempur (ranpur) lapis baja yang dapat digunakan untuk misi evakuasi maupun pengawalan bersenjata.

Tentu ada syarat khusus untuk kendaraan tempur Paspampres, diantaranya harus punya daya gerak dan mobilitas yang tinggi. Maka tak heran bila Paspampres sejak tahun 80-an mempercayakan Commando Scout dan Commando Ranger untuk misi tersebut. Commando Scout tak lain adalah panser ringan untuk keperluan pengawalan dan intai, sedangkan Commando Ranger merupakan kendaraan lapis baja angkut personel. Baik Commando Scout dan Commando Ranger, merupakan ranpur buatan Cadilage Cage, AS, umumnya dua ranpur ini digunakan secara duet dalam berbagai misi oleh Paspampres, untuk kru operatornya sendiri adalah dari Korps Kavaleri TNI AD.

Commando Ranger mengandalkan senjata utama senapan mesin M-60 kaliber 7,62 mm. Meski versi yang dimiliki Indonesia tak dilengkapi kubah, tapi terdapat perisai baja untuk perlindungan juru tembak. Sudut putar senjata ini mencapai 270 derajat, dan untuk memudahkan dalam mengenali sasaran, sebuah lampu sorot juga ditanamkan pada dudukannya.

Senjata dan kendaraan tempur paspampres
Gambar Senjata dan Ranpur yang biasa digunakan Paspampres.

Menurut informasi, Indonesia memiliki 22 unit Commando Ranger. Dalam operasionalnya, kendaraan tempur ini lebih banyak ditugaskan untuk menjaga obyek-obyek yang sedang dihuni atau disinggahi oleh kepala negara. Tak heran bila Commando Ranger dan Commando Scout kerap hadir di sekitar kediaman Presiden ataupun Walkil Presiden, juga saat Sidang Umum di DPR/MPR, kendaraan tempur ini selalu disiagakan di Senayan. ( sumber : Mr. Sirait, kaskusdotcom ).
thumbnail

Konsep Sistem Hidrotermal Untuk Pemburu Emas

Para pemburu emas atau bahasa kerennya "gold hunter" sudah pasti sangat familiar dengan istilah alterasi hidrotermal. Pada kesempatan ini, geologinesia akan mencoba membahas dasar dari konsep alterasi yang sekiranya dapat berguna bagi anda para pemburu emas. Postingan ini akan saya buat secara bertahap, dengan maksud agar "basic" anda bisa lebih kuat, sehingga saat menuju ke konsep yang lebih rumit, anda tidak akan dibingungkan oleh berbagai macam istilah dan pemahaman. Konsep yang akan saya bahas disini adalah konsep paling dasar yang disebut dengan Konsep Sistem Hidrotermal.

Baca juga: Genesa Pembentukan Emas

Sistem Hidrotermal

Sistem hidrotermal dapat didifinisikan sebagai sirkulasi fluida panas (50 sampai > 500 C), secara lateral dan vertikal pada temperatur dan tekanan yang bervarisasi, di bawah permukaan bumi (Pirajno, 1992). Sistem ini mengandung dua komponen utama, yaitu sumber panas dan sumber fluida.

Sirkulasi fluida hidrotermal menyebabkan himpunan mineral pada batuan dinding menjadi tidak stabil, dan cenderung menyesuaikan kesetimbangan baru dengan membentuk himpunan mineral yang sesuai dengan kondisi yang baru, yang dikenal sebagai alterasi hidrotermal. Hasil dari alterasi hidrotermal ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
1. Karakter batuan dinding, 
2. Karakter fluida (Eh, pH), 
3. Kondisi tekanan maupun temperatur pada saat reaksi berlangsung (Guilbert dan Park, 1986), 
4. Konsentrasi, serta lama aktivitas hidrotermal (Browne, 1991 dalam Corbett dan Leach, 1996). 
5. Temperatur dan kimia fluida merupakan faktor yang paling berpengaruh pada proses ubahan hidrotermal (Corbett dan Leach, 1996).

Gb 1. Sistem Hidrotermal-Magmatik
Gambar Sistem Hidrotermal - Magmatik.

Sumber panas utama dari sistem hidrotermal adalah proses magmatisme. Oleh karena itu, tempat dimana terjadi proses magmatisme, cenderung terbentuk sistem hidrotermal. Baik magmatisme yang membentuk plutonisme maupun vulkanisme. Sedangkan fluida utamanya adalah fluida magmatik dan meteorik (baik air meteorik, air metamorfik, bahkan air laut).

Gb 2. Sistem fluida hidrotermal
Gambar Sistem fluida hidrotermal.



Gb 3. Skema sistem hidrotermal yang terkait dengan magmatisme.
Gambar Skema Sistem Hidrotermal yang terkait dengan Magmatisme.

Mari kita membahas tentang Fluida Magmatik ....

Fluida Magmatik

Fraksi-fraksi volatil hidrous yang umumnya lebih ringan dan alkalik, cenderung terakumulasi pada bagian atas kantong magma, disebut sebagai fluida magmatik atau juvenile, dalam artian masih fresh, belum terkontaminasi dan belum pernah muncul di permukaan. Komponen volatil di dalam magma umumnya terdiri dari H2O, H2S, CO2, HCl, HF, dan H2 (sebagian besar adalah H2O, yaitu sekitar 1-15%). 

Pada sistem hidrotermal akan dijumpai tiga fase subtansi, yaitu padat (solid), cair (liquid), dan gas (gas). Pada saat sistem masih aktif, fase fluida (cair dan gas) akan dominan. Molekul fase padat apabila dipanaskan, akan cenderung bergerak satu sama lain, pada saat mencapai melting point, fase padat akan berubah menjadi fase cair.


Apabila temperatur terus bertambah, pada saat mencapai kritikal temperatur (boiling point), cairan akan berubah menjadi uap atau gas. Steam adalah istilah kusus untuk menyebut uap air (water vapor). H2O merupakan senyawa yang dapat hadir sebagai fase padat (es), fase cair (air), dan fase gas (steam) pada tekanan yang relatif sama.

Pada temperatur dan tekanan tertentu, beberapa substansi dapat terlarut (solute) pada substansi yang lain (pelarut) membentuk larutan (solution) yang homogen. Baik zat terlarut maupun pelarut dapat berupa fase padat, cair, maupun gas.


Gb 4. Hubungan komponen zat pelarut dan terlarut
Gambar Hubungan komponen zat pelarut dan terlarut.

Larutan dimana zat pelarutnya adalah air disebut sebagai aqueous. Pelarut air yang mengandung zat terlarut NaCl +- 35% disebut sebagai brine. Istilah fluida (fluids) digunakan untuk menyebut semua substansi atau materi yang dapat bergerak, yaitu cairan, gas, campuran gas dan cairan, atau larutan bukan padat. Partikel-partikel sangat halus (1-15 Angstrom) yang tersebar sebagai suspensi (tidak homogen) pada suatu substansi (umumnya cairan) disebut sebagai colloid.

Gb 5. Pengaruh fluida hidrotermal terhadap tipe "porphyry" (atas) dan "low-sulfidation" (bawah).
Gambar Pengaruh fluida hidrotermal pada tipe porphyry (atas) dan low-sulfidation (bawah).


Gb 6. Skema sirkulasi fluida magmatik dan meteorik
Skema sirkulasi fluida magmatik dan meteorik.

Baca juga: Apa itu Logam Mulia Emas?

Silahkan anda menyimpan konsep sistem hidrotermal ini, gunakan daya imajinasi dan sikap teoritis anda dalam memahami konsep tersebut. Apabila anda sudah memahami sistem hidrotermal, maka dipastikan anda tidak akan kesulitan saat geologinesia lebih spesifik membahas tentang mineralisasi yang merupakan salah satu produk dari sistem hidrotermal. Salam.
thumbnail

Sepak Terjang Tentara Bayaran

Secara halus tentara bayaran disebut Perusahaan militer swasta (bahasa Inggris: Private Military Company, PMC) adalah perusahaan atau korporasi yang menyediakan jasa dan keahlian yang berhubungan dengan bidang militer atau bidang sejenisnya. Perusahaan seperti ini juga dikenal sebagai korporasi militer swasta, firma militer swasta, penyedia jasa militer, dan secara luas sebagai industri militer swasta. Jasa-jasa yang ditawarkan perusahaan militer swasta antara lain adalah jasa logistik, pelatihan militer, pertahanan, serta jasa keamanan.

Jasa PMC umumnya digunakan sebagai pendukung bagi operasi resmi suatu angkatan bersenjata, namun sering juga digunakan untuk pribadi, misalnya sebagai bodyguard atau pengawalan bersenjata. PMC merupakan lembaga sipil yang diberi wewenang kerjasama dengan unit-unit militer di dalam negerinya atau bahkan negara lain yang disetujui oleh departemen pertahanan. PMC biasanya dipakai pada area dengan konflik intensitas rendah, ketika pemakaian angkatan bersenjata penuh dapat merugikan secara ekonomi, diplomatik, atau politik. Namun, perusahaan-perusahaan ini juga bekerjasama dengan negara-negara untuk menyediakan pelatihan militer dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertahanan.

Perusahaan militer swasta misalnya menyediakan perlindungan untuk presiden Afganistan, membangun penjara di Guantanamo Bay, serta penerbangkan helikopter dan pesawat terbang untuk menghancurkan tanaman coca di Kolombia. Mereka juga mengoperasikan sistem intelijen dan komunikasi di United States Northern Command di Colorado, yang bertanggung jawab untuk merespon kepada serangan terhadap Amerika Serikat. Perusahaan-perusahaan ini juga melatih tentara dan militer di negara-negara seperti Nigeria, Bulgaria, dan Taiwan. Industri militer swasta sudah menjadi industri yang menghasilkan lebih dari $100 juta per tahun. Perusahaan militer swasta juga dikenal dengan kontraktor militer swasta, namun istilah ini lebih ditujukan untuk seorang individual yang dipekerjakan atau dikontrak oleh perusahaan militer swasta.

Perusahaan militer swasta sering masuk dalam kategori yang sama dengan kontraktor pertahanan, namun kontraktor pertahanan lebih terfokus kepada penyediaan perangkat keras dan peralatan militer, serta tenaga manusia yang mendukung perawatan peralatan tersebut. Sedangkan perusahaan militer swasta menyediakan tenaga manusia yang terlatih secara operasional dan taktis, termasuk pengalaman bertempur.
Konvensi Jenewa Ketiga (GCIII) tahun 1949 tidak menyatakan perbedaan antara kontraktor pertahanan dan perusahaan militer swasta, konvensi tersebut hanya mendefinisikan kategori kontraktor persediaan. Bila seorang kontraktor persediaan dilengkapi kartu identitas lengkap dari angkatan bersenjata yang mempekerjakannya, mereka harus diperlakukan sebagai tahanan perang kalau tertangkap. Namun, apabila seorang kontraktor melakukan pertempuran, kontraktor tersebut dapat diklasifikasikan sebagai tentara bayaran. Kontraktor yang tertangkap sebagai tentara bayaran akan kehilangan haknya atas status tahanan perang. Melalui Konvensi Jenewa 1949, dunia mencoba menggaris bawahi pengertian mercenary (tentara bayaran). Berikut kutipan Protocol Additional dari Geneva Convention (GC) pada tanggal 12 Agustus 1949 dan terkait dengan Protection of Victims of International Armed Conflicts (Protocol I), tertanda 8 Juni 1977.

Pasal 47
Tentara bayaran

Tentara bayaran adalah orang yang:

  • direkrut secara khusus baik di dalam maupun luar negeri untuk bertarung dalam sebuah konflik bersenjata
  • benar-benar mengambil bagian secara langsung dalam konflik-konflik
  • mengambil bagian dalam konflik-konflik secara khusus untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan bahkan dijanjikan, oleh salah seorang pihak dalam konflik tersebut, kompensasi materiil yang berjumlah besar, melebihi jumlah yang dibayarkan kepada para pejuang yang berpangkat setingkat di angkatan bersenjata pihak tersebut.
  • bukan berkewarganegaraan sama dengan salah satu pihak dalam konflik tersebut maupun penduduk suatu wilayah yang dikuasai salah satu pihak.
  • bukan anggota angkatan bersenjata salah satu pihak; dan
  • belum pernah dikirim oleh sebuah negara yang bukan salah satu pihak dalam konflik untuk melaksanakan sebuah tugas resmi sebagai bagian dari angkatan bersenjata ini.
Dipulangkannya ribuan tentara AS dan Inggris dari pos-pos luar negeri, bubarnya AB Uni Soviet, dan menggunungnya senjata-senjata yang mereka tinggalkan telah membuat sejumlah Negara di liputi kegentingan. Potensi alam dari negara-negara yang di liputi kegentingan inilah yang selanjutnya diincar banyak Negara berpengaruh dan menjadi lahan dollar bagi PMC-PMC kelas dunia.

Dengan adanya perusahaan militer swasta, banyak laporan akan adanya eksodus dari pasukan khusus di seluruh dunia, masuk ke perusahaan militer swasta. Special Air Service Britania Raya, Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat, serta Joint Task Force 2 Angkatan Darat Kanada. dilaporkan telah kehilangan anggotanya yang keluar untuk bekerja di perusahaan militer swasta. Perusahaan militer swasta menawarkan gaji sampai $100.000 per tahun, yaitu dua sampai tiga kali lipat gaji anggota pasukan khusus di negara maju. Pihak-pihak PMC yang kini banyak bertugas di berbagai wilayah konflik seperti; Balkan, Irak, Afghanistan, dan Afrika tak terlalu peduli dengan segala resiko dan konsekuensi yang harus mereka tanggung. Mereka bahkan tak takut kehilangan nyawa, karena sejak awal, mereka telah menyepakati akan menanggung seluruh konsekuensi dari profesi tersebut. Ini juga mereka terima karena mereka sadar dengan kondisi pekerjaan yang menjadi spesialisasi mereka.

Di antara spesialisasi pekerjaan PMC adalah; penyelenggaraan pelatihan tentara/polisi, pengawalan VVIP, pengamanan konvoi kendaraan, analisis Intelijen, perawatan pemeliharaan alat utama sistem senjata, penyiapan markas militer, dan menjadi operator pengiriman logistik militer. Meskipun tentara bayaran telah ada kurang lebih sejak perang diciptakan, penciptaan perusahaan militer swasta modern biasanya dihubungkan dengan Kolonel David Stirling. Stirling adalah Perwira Skotlandia dan seorang militer yang terampil.Bahkan sebelum ia mulai berkecimpung dalam bisnis tentara bayaran, ia telah menciptakan sesuatu yang disebut SAS, yang mungkin agan kenal sebagai salah satu yang paling elit unit pasukan khusus di dunia.


Setelah Stirling meninggalkan dinas kemiliterannya setelah Perang Dunia II, ia pindah ke Afrika dan mendirikan Capricorn Afrika, sebuah gerakan masyarakat untuk mendukung keharmonisan antar ras disana. Namun, takdir telah memilih jalan lain baginya. Tak lama, ia mendirikan Watchguard International Ltd, sebuah perusahaan komersial yang membantu unit keamanan kereta api untuk negara beberapa negara Arab dan Afrika. Watchguard, didirikan pada tahun 1960, biasanya dihubungkan sebagai perusahaan militer swasta modern pertama di dunia.
Blackwater USA adalah korporasi militer swasta yang terdiri dari lima perusahaan:
Blackwater Training Center, Blackwater Target System, Blackwater Security Consulting, Blackwater Canine (K-9), dan Blackwater Air (AWS). Blackwater memiliki fasilitas pelatihan lengkap di North Carolina dipimpin Gary Jackson yang merupakan mantan NAVY SEAL. Blackwater di kalangan pengguna Amerika Serikat sudah dikenal sangat luas. Blackwater banyak membantu Departemen Pertahanan AS, Departemen Luar Negeri AS dan Departemen Transportasi AS. Termasuk perusahaan-perusahaan raksasa di Amerika Serikat dan negara-negara sahabat Amerika Serikat di seluruh dunia.

Dalam kontrak sesuai keahliannya, Blackwater bertanggungjawab untuk menjadikan pemesan memiliki kecakapan dalam tugasnya. Untuk mempertinggi kepercayaan pelanggan terhadap Blackwater, di North Carolina dibangun fasilitas lengkap pelatihan yang disebut Blackwater Academy. Terdiri dari sejumlah lapangan tembak indoor maupun outdoor seluas 24 km persegi.
 
Pada Maret 2004, Blackwater menerima kontrak mengawal pengapalan makanan ke Fallujah, Irak, di mana kemudian empat orang dari mereka diserang dan terbunuh di Fallujah.
Blackwater merupakan perusahaan yang merangkap sebagai mitra CIA dalam peperangan. Termasuk di Timur Tengah.
 

DynCorp, perusahaan kontraktor militer swasta (PMC) yang bermarkas di Reston Virginia Amerika Serikat (AS) ini memiliki unit-unit usaha yang tidak hanya berbau operasi bersenjata. Diantaranya siap menerima kontrak pemeliharaan pesawat-pesawat milik angkatan udara bahkan menerbangkannya. Seperti halnya yang dilakukan di Kolombia. Sedangkan soal pengawal bersenjata, pada tahun 2004 DynCorp mengirim para pengawal bersenjata (armed bodyguards) ke Afganistan untuk melindungi presiden Hamid Karzai. Untuk order ini mereka menerima bayaran dari kantor State Departement AS. Pada 15 Oktober 2003, tiga operator DynCorp terbunuh dalam serangan bom di Jalur Gaza. Saat itu mereka bertugas sebagai pengawal diplomat AS. Perusahaan ini memiliki 23.000 personel karyawan.

Perusahaan ini memang bisa mengerjakan segala macam kontrak yang berkaitan dengan keamanan yang akan dikerjakan oleh contract field teams (Tim Kontraktor lapangan). Khususnya guna mendukung militer AS. Mereka dilibatkan di Bosnia Herzegovina, Somalia, Angola, Haiti, Kolombia, Kosovo dan Kuwait. Di Afghanistan selain mengawal Karzai, DynCorp juga melatih polisi lokal setempat. Mereka juga aktif di Provinsi Chapare, Bolivia dengan tugas memberangus ladang kokain. Dengan kata lain DynCorp merupakan satu dari 25 PMC yang dipercaya pemerintah AS.

Pada Maret 2003, Dyn Corp memperoleh suntikan dana (diakuisisi) dari PMC terbesar, Computer Sciences Corporation (CSC) sekitar 914 juta dolar AS. Pada saat diambil alih, DynCorp memiliki 26.000 karyawan dan 95% kontrak-kontrak dengan pemerintah AS.

Di mana perusahaan militer swasta / tentara bayaran mendapatkan peralatan & senjata mereka ?
Baik yang disediakan oleh perusahaan PMC itu sendiri (seperti yang Blackwater biasa lakukan) yang berasal dari pasar gelap, seperti agan pernah dengar "this is America, we can buy anything" atau mereka mengeluarkan daftar senjata itu dan disetujui pemerintah.

Apakah ada perbedaan antara kontraktor dan tentara bayaran?
Mungkin ada yang bingung, kontraktor apa bedanya dengan tentara bayaran. Tidak ada istilah yang pasti, walaupun diatas sudah dijelaskan. "Kontraktor "adalah istilah umum sementara " tentara bayaran " artinya lebih spesifik. Sebuah pemerintahan dapat mengadakan kontrak dengan" kontraktor " untuk berbagai layanan yang berkaitan dengan operasi militer. Sementara, seorang tentara bayaran merupakan jenis yang lebih spesifik dari kontraktor, yaitu, seorang individu yang disewa khusus untuk menjadi prajurit tempur dan hal itu hanya untuk uang, tanpa memperhatikan loyalitas yang dan kesetian pada pihak mana mereka harus bertempur.

Saya mau jadi tentara bayaran, dan bekerja di PMC, bagaimana caranya?
Kunjungi website nya, biasanya terdapat email mereka, coba dikirim via email. Mereka bukanlah pasukan 'top secret' tapi sudah dikenal dunia, Kemungkinan akan diterima lebih besar jika anda seorang anggota angkatan bersenjata apalagi dari pasukan elit TNI atau POLRI. Tapi yakin mau berkhianat?

Demikianlah, tanpa diketahui banyak orang PMC memang telah menjadi salah satu perusahaan kelas dunia yang paling sukses dan memikat disamping prostitusi dan judi. Uang tidak saja mengalir pada si empunya perusahaan, tetapi juga pada karyawannya. Seorang mantan prajurit kesatuan elite yang bekerja di salah satu PMC misalnya, mengaku terperangah dibayar 14.000 poundsterling tiap bulan. Bagi dia, ini berarti tujuh kali lipat dari gaji bulanan yang ia terima saat masih bekerja di kesatuan militer.

Walaupun begitu, banyak juga peran yang dipikul PMC, di satu sisi mereka adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pengawalan dan operator instalasi megaproyek militer. Namun pada dasarnya, mereka tidak lebih dari perpanjangan tangan negara-negara besar yang memiliki banyak kepentingan. Mereka juga seolah tak peduli akan kehadiran mereka pada negara yang selalu dirundung konflik.

Sumber: Mr. Sirait
thumbnail

Fakta Seputar MotoGP

Postingan kali ini saya akan membahas fakta dan informasi terkait MotoGP yang mungkin anda belum tahu. Semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan anda sekalian.

1. GAJI PARA RIDER MOTOGP



Di setiap musim, rider MotoGP rela bertaruh nyawa demi meraih posisi terdepan. Dengan resiko sebesar itu, kira-kira berapa gaji yang mereka terima??. MotoGP menggunakan sistem kontrak, bisa per tahun atau per dua tahun. Jadi bisa dibilang, mereka outsourcing karena sistem kerjanya kontrak. Menurut situs TotalSportek, dari semua rider MotoGP, gaji tertinggi dipegang oleh sang legenda MotoGP, Valentino Rossi. Ia dikontrak oleh Yamaha selama 2 tahun seharga 10 juta dollar atau sekitar Rp. 136.000.000.000 (136 Milyar). Itu belum semua, masih ada fee endorsement senilai 8 - 10 juta dollar.

Gaji yang diterima Rossi sama dengan Marc Marquez yaitu sekitar Rp. 136 Milyar untuk kontrak selama 2 tahun di pabrikan Honda. Namun fee endorsement Marc Marquez lebih kecil yakni hanya 2 juta dollar atau sekitar Rp. 27.200.000.000 (27 Milyar).

Jorge Lorenzo lebih kecil dari Marc Marquez, yaitu sekitar 6.5 juta dollar dan Dani Pedrosa 2.5 juta dollar. Untuk rider-rider lainnya, harga kontraknya masih dibawah 1 juta dollar, kecuali Andrea Dovizioso yang dihargai 1 juta dollar oleh Ducati.

2. SISTEM PENALTI DAN SANKSI



Pembalap MotoGP harus disiplin karena setiap kesalahan yang dilakukan akan berakibat fatal bahkan sampai ke urusan hilangnya nyawa seseorang. Untuk itu, ada peraturan yang harus dipatuhi dan setiap pelanggaran akan ada sanksinya. MotoGP menggunakan sistem point dimana tiap pelanggaran akan ada bobot masing-masing. Jumlah point diakumulasi dan ketika mencapai angka tertentu, maka ada konsekuensi yang harus diterima pelaku pelanggaran. Berikut listnya :
  • 4 point : Pembalap harus start dari belakang di race selanjutnya.
  • 7 point : Pembalap harus start dari Pit di race selanjutnya.
  • 10 point : Pembalap tidak boleh ikut di race selanjutnya.

3. SUDUT KEMIRINGAN MOTOR



Saat menikung, sebuah motor MotoGP dapat dimiringkan sampai dengan 64 derajat. Dalam gambar terlihat perbandingan dari beberapa jenis motor. Jadi, kalau anda menggunakan motor jenis scooter, jangan coba-coba mengikuti kemiringan MotoGP. Menurut penelitian, motor jenis scooter hanya bisa dimiringkan maksimal 40 derajat.


4. KONTAK BAN DENGAN ASPAL SAAT MENIKUNG



Masih soal menikung, ban yang digunakan dalam MotoGP juga luar biasa super. Area yang bersentuhan dengan aspal saat mereka menikung hanya sebesar gambar di atas (kartu kredit). Hebatnya, mereka tidak tergelincir padahal motornya sangat berat dan berkecepatan tinggi. (Sumber: Exogenius, Total Sportek, MotoGp dotcom).
thumbnail

Diskripsi Batuan Hasil Alterasi

Dasar Melakukan Deskripsi Batuan Hasil Alterasi

Ketika melakukan survey geologi permukaan ataupun pengeboran inti khususnya yang berhubungan dengan deposit hasil alterasi, terkadang kita dibingungkan dengan diskripsi batuan hasil proses alterasi. Ini disebabkan karena batuan yang teralterasi mempunyai warna, tekstur dan komplesitas mineral yg hadir cukup bervariatif. Dibutuhkan dasar yang kuat untuk bisa  mengenal, mendeskripsi, dan menganalisa batuan hasil alterasi tersebut. dasar mineralogi, petrologi, konsep sistem hidrotermal dan alterasi, struktur dan tekstur batuan asal, sangat  dibutuhkan untuk mengkonfirmasi sebuah data yang diperoleh.

Baca juga postingan dibawah ini yang berhubungan dengan "alterasi dan mineralisasi" :

Macam-macam Batuan Hasil Alterasi

Berikut ini akan saya berikan diskripsi batuan hasil alterasi dari sebuah outcrop ataupun core drilling yang mungkin akan anda jumpai dilapangan, lengkap dengan photographnya. Untuk  mempermudah visualisasi deskripsi, silahkan lihat foto dibawahnya dan disesuaikan dengan nomor masing-masing conto batuan.

1. Silica Vuggy - Silica Sulphide Altered of Dacitic Lithic Tuff

Description: Strongly silicified dacitic lithic tuff, pale grey to grey generally, with spotted reddish brown of oxides, vuggy textured, disseminated very fine grained pyrite; vugs or pits filled by pyrite, limonite, and or sulphure. Specimen explanation: a) pits /vugs, filled by hematitic oxide. b) fine grained dacitic matrix, replaced by fine grained strong silica; disseminated fine grained pyrite. Project: AAA, Location : XXX, Lithology: dacitic lithic tuff, Alteration: Silica vuggy ± Silica Sulphide, Mineralisation: dissemination, Au content: 1.85 g/t.

2. Silica Vuggy Altered of Hydrothermal Breccia

Description: Hydrothermal breccia, poorly sorted of polymictic clast consist of crystal tuff and lithic tuff, subangular to subrounded; dacitic in composition, matrix supported. Matrix composed of altered dacitic volcanic material. Sulphide, mainly represented by fine grained disseminated pyrite.

Specimen explanation: a) subangular dacitic lithic tuff clast, vuggy textured with pyrite and or native sulphure filling. b) Intensely altered of subrounded dacitic crystal tuff, vuggy textured. c) matrix comprises volcanic material, with dusty very fine grained quartz. Project: AAA, Location : XXX, Lithology: hydrothermal breccia, Alteration: Silica vuggy ± Silica Sulphide, Mineralisation: dissemination, Au content: 1.15 g/t.

3. Argillic Illite-Smectite Altered Dacitic Crystal Tuff

Description: Poorly sorted of clastic textured Dacitic lithic tuff, crystal consist of subhedral to anhedral feldspar, quartz eyes, and less common of subhedral hornblende 0.5-2mm; matrix composed by fine grained tuff material altered by illite - smectite. Project: AAA, Location: XXX, Lithology: dacitic crystal tuff, Alteration: Illite-smectite clay alteration, Mineralisation: dissemination, Au content: 0.24 g/t

4. Lithic Alunite Silica Altered 

Description: White, creamy, to brownish dacitic lithic tuff; poorly sorted, matrix supported; matrix comprises crystal tuff, which altered to silica; clast comprised by subangular to rounded lithic (1mm – 1 cm). Specimen explanation: a) subrounded lithic clast, dacitic composition. b) pervasively Alunite over Silica altered. Project: AAA, Location : XXX, Lithology: dacitic lithic tuff, Alteration: Alunite - Silica, Mineralisation: dissemination, Au content: 0.2 g/t.

5. Alunite Silica Altered of Dacitic Lithic Tuff

Description: Fine grained dacitic lithic tuff; pale grey to purplish, matrix comprised tuff material, lithic clast 1 – 5 mm, poorly sorted, subangular to rounded, Altered by Alunite, weak to moderate silicified, hematite oxidation. Specimen explanation: a) Lieze gang ring oxidation. Project: AA, Location : XXX, Lithology: Fine grained dacitic lithic tuff, Alteration: Alunite – Silica, Mineralisation: dissemination, Au content: 0.27 g/t.

6. Silica Vuggy of Hydrothermal Breccia

Description: Brown, creamy, matrix of silica, clast 1mm-3cm, very angular-subrounded, poorly sorted, open fabric, locally point contact, clast of SV, SM. Strong silica alteration with vuggy texture. Specimen explanation: a) Silica massive clast. b) Silica vuggy clast. c) Vuggy filled by limonite. Project: AAA, Location : XXX, Lithology: hydrothermal breccia, Alteration: Silica vuggy ± Silica Massive, Mineralisation: dissemination, Au content: 3.8 g/t.
Deskripsi batuan alterasi
Macam-macam batuan hasil alterasi.

7. Alunite Silica of Dacitic Lithic Tuff

Description: White, creamy, to brownish dacitic lithic tuff; poorly sorted, matrix supported; matrix comprises ash tuff, which altered to alunite and weak silica; clast comprised by subangular to rounded lithic (1mm – 1 cm). Partly Alunite altered to kaolinite – haloysite due to weathering process (Petrology report).

Specimen explanation: a) white, soft, powdery kaolinite – haloysite filled up fracture. Project: AAA, Location : XXX prospect Drillhole YYY, 7.7 m, Lithology: Dacitic lithic tuff, Alteration: Alunite-silica, Mineralisation: disseminated, Au content: 24.2 g/t.


8. Silica Clast of Hydrothermal Breccia

Description: Polimictic clast of vuggy silica and massive silica, sub rounded – angular shape, 2 mm – 3 cm clast size, poorly sorted, set in chalcedonic silica + sulphide cement, moderate – strong oxidized.

Specimen explanation: a) vughy silica clast. b) massive silica clast. c) oxidized clay cavity filling (supergene clay?). d) oxidized  silica contain rich sulphide. Project: AAA, Location : XXX, Drillhole YYY, 11.2 m depth, Lithology: hydrothermal breccia, Alteration: Silica vuggy ± Silica Sulphide, Mineralisation: dissemination, Au content: 21.6 g/t.

9. Dacitic Lithic Tuff

Description: Dacitic lithic tuff, light grey and locally darker in strong Sulphide zone, lithic clast 10 – 15 % of volume, polymictic clast of dacitic ash tuff and dacitic crystal tuff, sub angular – angular clast, poorly sorted set in dacitic crystal matrix supported. The alteration is Vughy Silica dominant with locally lithic altered to massive silica.

Specimen explanation: a) Dacitic ash tuff clast, altered to massive silica and rimmed by sulphide. b) Dacitic crystal tuff clast altered to vughy silica. c) Chalcedonic veinlet contain rich sulphide. Project: AAA, Location : XXX, Drill hole YYY, 40.1 m depth, Lithology: Dacitic Lithic Tuff, Alteration: Silica vuggy ± Silica Sulphide, Mineralisation: dissemination, Au content:  18.95 g/t.


10. Potassic Altered Diorite Porphyry Intrusive

Description: Pale green with slightly greenish diorite porphyry, porphyritic textured plagioclase as main phenocryst, fine grained and subhedral. The rock is strongly altered to sericitic, disseminated pyrite, spotted secondary biotite. Project: AAA, Location : XXX, North-West of YYY main ridge, Lithology: Diorite porphyry, Alteration: Potassic, Mineralisation: unmineralized, Au content: unknown.

11. Phyllic (Si-Cy-Py) Altered Dacitic Crystal Tuff

Description: Grey to pale grey dacitic crystal tuff, crystal of feldspar, quartz, 0.5-2mm, anhedral; matrix comprised of volcanic material which are altered to Silica – clay – pyrite assemblage (Phyllic alteration). Project: AAA, Location : XXX, hole YYY at 108.8 m depth, Lithology: dacitic crystal tuff, Alteration: Phyllic (Silica-clay-pyrite), Mineralisation: dissemination, Au content: 0.57 g/t.

12. Silica Alunite – Chalcedonic Altered Brecciated Lithic Tuff

Description: Dark brown to yellowish brown colour, silica alunite altered brecciated lithic tuff, chalcedonic vein swelled within open space fracture patchy silica vuggy. Pits/open space filled by alunite and oxides, completely oxidized (COX).

Specimen Explanation:  1) Alunites fill vugs texture / open space. 2) Chalcedonic Vein. 3) Sub angular silica vuggy clast. Project : BBB, Location : XXX, Lithology : Brecciated Lithic Tuff , Alteration : Silica Alunite (SA) dominant  patchy Silica Vuggy (SV), Mineralisation : Dissemination and chalcedonic vein, Au Content/Grade : up to 5 g/t Au.
 

Outcrop maupun sampel core drilling diatas diperoleh pada sebuah prospek area (maaf tidak bisa saya sebutkan disini, yang pasti lokasinya di Indonesia). Dari hasil tersebut silahkan anda menganalisa sendiri dan mengambil kesimpulan (walaupun secara umum), menyangkut tipe deposit, alterasi apa saja yang berkembang di daerah tersebut, bagaimana sistem/skema hidrotermalnya, "host rock" nya apa, dan sebagainya, mudah kan!!.
thumbnail

Memahami Tekanan Darah (Blood Pressure)

Tekanan darah normal adalah penting untuk hidup. Tanpa tekanan yang memaksa darah mengalir di sekitar sistem peredaran darah, tidak akan ada oksigen atau nutrisi yang disampaikan melalui arteri ke jaringan dan organ. Tekanan yang tidak sehat dikenal dengan istilah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Apa itu tekanan darah ???.
Tekanan darah adalah kekuatan darah yang bergerak melalui sistem peredaran darah kita. Tanpa tekanan darah, jaringan dan organ tidak akan mendapatkan oksigen dan nutrisi. Tekanan darah juga sangat penting karena memberikan sel darah putih dan antibodi untuk kekebalan, dan hormon seperti insulin. Sama pentingnya dengan memberikan oksigen dan nutrisi, darah segar yang dialirkan mampu mengambil produk sisa metabolisme yang beracun, termasuk karbon dioksida yang kita buang setiap bernapas, dan racun melalui hati dan ginjal. Darah membawa sejumlah identitasnya sendiri, termasuk suhu. Hal ini berdampak pada kekebalan kita terhadap kerusakan jaringan dan pembekuan trombosit.

Jadi, apa sebenarnya yang menyebabkan darah mengerahkan tekanan di arteri kita? jawabannya sederhana, yaitu hati. Hati kita menciptakan tekanan yang memaksa darah keluar ketika kontraksi detak jantung. Perlu diperhatikan disini bahwa tekanan darah tidak dapat dibuat sendiri oleh pompaan jantung. Darah mengalir melalui tubuh kita karena adanya perbedaan tekanan. ini sama artinya dengan arus listrik, dimana potensial listrik atau tegangan memaksa arus listrik melalui kawat.

Tekanan darah tertinggi berada pada awal perjalanan dari hati, ketika memasuki aorta dan arteri tekanan akan semakin merendah. Perbedaan tekanan tersebutlah yang menyebabkan darah mengalir di tubuh kita. Tanpa sifat elastis dinding arteri, tekanan darah tetap akan cepat seperti pada awal dipompa dari jantung. Jadi hati menciptakan tekanan maksimum, sedangkan sifat arteri mempertahankan dan memungkinkan darah mengalir ke seluruh tubuh.

Kondisi arteri memiliki efek pada tekanan dan aliran darah. Pada kondisi penyempitan pembuluh darah akan terjadi pemblokiran pasokan darah, inilah pemicu terjadinya serangan jantung. Serangan jantung sering menghasilkan stroke karena aliran darah dari arteri ke otak terhambat.
Adapun tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga tekanan darah kita selalu normal adalah sebagai berikut :
  1. Menjaga berat badan yang sehat
  2. Banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak
  3. Mengurangi asupan natrium (garam)
  4. Berolahraga secara teratur (aerobik) misalnya jalan cepat, setidaknya 30 menit sehari, setiap hari dalam seminggu.
  5. Mengurangi konsumsi alkohol (maksimal 2 gelas sehari untuk pria dengan berat badan normal dan 1 gelas sehari untuk wanita / pria dengan berat badan yang lebih ringan.
  Sumber : Markus MacGill (Medical USA)
thumbnail

Apakah Keju Aman Untuk Anda??


Keju banyak dipakai pada makanan populer seperti burger, pizza, salad, dan sandwich, tetapi juga dapat berdiri sendiri sebagai camilan atau hidangan pembuka. Jumlah keju yang dikonsumsi di negara-negara besar seperti Amerika Serikat telah meningkat tiga kali lipat selama 40 tahun terakhir. Apakah keju adalah pilihan yang sehat?? hal ini tergantung pada individu serta jenis dan jumlah keju yang dikonsumsi. Ada beberapa keju yang tinggi protein dan kalsium, dan ada juga yang tinggi natrium dan lemak jenuh. Untuk seseorang dengan alergi susu, keju sangat tidak sarankan. Vegetarian atau orang yang menghindari produk hewani karena alasan pribadi atau kesehatan, sama sekali tidak akan mengkonsumsi keju dan mungkin akan memilih alternatif makanan non-susu.

Jenis-jenis Keju

Ada ribuan jenis keju yang dapat berasal dari beberapa spesies yang berbeda. Keju dari Sapi, domba dan kambing adalah beberapa varietas yang paling populer dikonsumsi. dari banyaknya jenis keju, kita dapat mengklasifikasikan menjadi 5 bagian besar, adalah sebagai berikut :
  1. Keju susu; keju ini dibuat dari susu yang mengandung 6-10 gram lemak per 1 ons dan 4-6 gram lemak jenuh. Keju rendah lemak dibuat dengan 2% susu, sedangkan keju non-lemak dibuat dengan 0% susu. 
  2. Keju segar; keju yang dianggap segar adalah keju yang belum berumur lama. Keju segar biasanya memiliki kelembaban tinggi, tekstur lembut, dan rasa yang lebih ringan. Beberapa contoh keju segar adalah ricotta, krim keju, keju cottage dan mascarpone.
  3. Keju Berumur; tekstur keju ini terlihat lebih kencang dan umumnya berusia 6 bulan atau lebih. Semakin berumur lama suatu keju, maka akan diperoleh cita rasa yang sangat tajam. Contoh keju berumur adalah Cheddar, Swiss, Parmesan, dan Gruyere.
  4. Keju yang Diawetkan;  keju jenis ini ditujukan untuk menciptakan produk yang menggunakan bahan-bahan tambahan seperti peningkat rasa dan emulsifier.
  5. Keju Non-Dairy; dikhususkan bagi orang-orang yang tidak mengkonsumsi susu, contohnya keju kedelai dan keju daiya.

Rincian Gizi Keju

Secara umum, keju merupakan produk yang tinggi kalori, natrium dan lemak jenuh. Dalam 1 ons krim keju mengandung 84 kalori, 8 gram lemak, 1 gram karbohidrat, dan 2 gram protein. Dalam 1 ons keju cheddar memiliki 115 kalori, 10 gram lemak, 0 gram karbohidrat, dan 7 gram protein. Keju juga dapat berisi variasi dari vitamin A, vitamin B12, fosfor, selenium, dan natrium. Keju dari susu domba dan kambing memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi, sementara keju dari susu sapi lebih banyak mengandung beta-karoten.

Kasus Akibat Keju

Susu adalah salah satu sumber makanan kalsium yang terbaik dalam hal bio-availabilitas. Kalsium memainkan peran utama dalam pengembangan dan pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi, dan juga penting untuk pembekuan darah, penyembuhan luka dan menjaga tekanan darah normal. Selalu mencoba untuk menyandingkan makanan yang kaya kalsium dan vitamin D adalah hal yang sangat baik, karena vitamin D membantu usus kecil untuk menyerap kalsium. 2 ons berbagai jenis keju bisa mengandung 40-50% kalsium.

Diet tinggi natrium dan lemak jenuh cenderung meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Pada Laporan Dietary Guidelines Advisory Committee (DGAC) 2010 menyarankan untuk membatasi lemak jenuh hingga kurang dari 7% dari total kalori (sekitar 15 gr lemak jenuh berdasarkan diet 2.000 kkal). Negara besar seperti Amerika mengkonsumsi sekitar 11-12% kalori dari lemak jenuh. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa lemak jenuh dari susu tidak berbahaya. Akan tetapi sebagian orang memilih untuk tidak mengkonsumsinya hanya karena mengikuti diet vegetarian (menghindari makanan yang berasal dari hewan, termasuk susu, keju, telur dan madu). Orang mungkin akan menghilangkan susu dari dietnya untuk menghindari kelebihan hormon dan antibiotik, sebagai salah satu cara pencegahan terhadap munculnya jerawat.


Intoleransi, Alergi, dan Sensitivitas Keju

Intoleransi laktosa adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak memiliki enzim untuk memecah gula yang ditemukan dalam susu. Orang dengan intoleransi laktosa akan mengalami perut kembung atau diare ketika mengkonsumsi susu ataupun produk susu lainnya. Tingkat intoleransi laktosa bervariasi per individu. Suatu  individu mungkin dapat mentolerir susu dengan tingkat rendah laktosa seperti yogurt dan keju keras, namun yang lainnya mungkin tidak dapat mentolerir, bahkan setetes susu pun di kopi mereka. Kandungan laktosa cukup tinggi pada keju parmesan dan keju cheddar.


Alergi susu berbeda dengan Intoleransi Laktosa. Alergi susu mengacu pada reaksi imunologi yang abnormal di mana sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi alergi, yang disebut immunoglobulin E (IgE) antibodi, yang menghasilkan gejala alergi seperti diare atau muntah. Mereka yang alergi susu sebenarnya harus ketat menghindari susu dalam bentuk apapun, termasuk keju. Gejala alergi susu dapat termasuk asma, eksim, gangguan pencernaan, pendarahan, pneumonia, dan bahkan anafilaksis (shock). Berbeda dari Alergi Susu dan Intoleransi Laktosa, beberapa orang memiliki sensitivitas (kepekaan) terhadap kasein (sejenis protein) dalam susu. Sensitivitas ini dapat memicu peradangan di seluruh tubuh, yang dapat menghasilkan gejala seperti kongesti sinus, jerawat, ruam kulit dan migrain.

Kebanyakan orang bisa mengkonsumsi susu tanpa masalah ini, tetapi jika Anda menduga bahwa susu dapat menyebabkan beberapa gejala ini, mencari seorang ahli diet untuk melakukan pengujian sensitivitas makanan sangat membantu Anda menentukan apakah akan mengikuti diet bebas susu ataukah tidak.

Kewaspadaan Terhadap Keju

Mengkonsumsi terlalu banyak fosfor (bisa tinggi dalam keju), dapat membahayakan mereka yang berpenyakit ginjal. Jika ginjal Anda tidak dapat menghapus kelebihan fosfor dari darah, itu bisa berakibat fatal. Selain itu, asupan kalsium yang tinggi dalam keju telah dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker prostat melalui beberapa penelitian. Para peneliti menemukan kandungan tyramine asam amino (salah satu penyebab kanker) pada keju yang berusia lama. Selain di keju, tyramine juga dapat ditemukan dalam bir, anggur, dan makanan acar. Makanan yang mengandung tyramine juga telah dikaitkan dengan sakit kepala dan migrain.

Kesimpulan apakah keju aman untuk kesehatan adalah tidak pasti dan sangat bervariasi, tergantung pada individu dan kebutuhan khusus mereka. Intinya, selalu mempertahankan nutrisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Seorang wanita berusia 85 tahun dengan nafsu makan yang buruk berjuang untuk mendapatkan jumlah kalori dan protein yang dibutuhkan untuk menyembuhkannya dari patah tulang pinggul akan tepat jika menggunakan keju, sedangkan obesitas pria berusia 55 tahun dengan tekanan darah tinggi dan riwayat penyakit kardiovaskular akan tepat jika menghindari keju sama sekali.

Sumber: Megan Ware RDN LD (Medical USA), Dietary Guidelines Advisory Committee (DGAC).
thumbnail

Malaria adalah penyakit yang mengancam jiwa

Fakta Penting
Malaria adalah penyakit yang mengancam jiwa, disebabkan oleh parasit yang ditularkan ke orang melalui gigitan nyamuk betina yang terinfeksi. Sekitar 3,2 miliar orang (hampir setengah dari populasi dunia) berada pada risiko malaria. Anak-anak, wanita hamil dan wisatawan yang tidak kebal (sebelumnya berada di daerah bebas malaria) sangat rentan terhadap penyakit ini ketika mereka memasuki wilayah endemik malaria. Malaria dapat dicegah dan disembuhkan, melalui upaya pencegahan dini secara terpadu. Secara global, antara tahun 2000-2015, kejadian malaria (tingkat kasus baru) turun 37%. Dalam periode yang sama, angka kematian karena malaria juga turun 60%  pada semua kelompok usia, dan 65% pada anak-anak di bawah 5 tahun. Afrika (khususnya di Sahara) merupakan daerah penyebaran malaria yang paling tinggi. Pada 2015, wilayah ini adalah rumah bagi 89% kasus malaria dan 91% terjadi kematian karena malaria.
Malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium. Parasit yang menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi. Ada 5 spesies parasit yang menyebabkan malaria pada manusia, akan tetapi hanya 2 spesies utama yang sangat menimbulkan ancaman besar yaitu P. falciparum dan P. vivax. P. falciparum adalah parasit malaria yang paling umum di benua Afrika. Spesies parasit tesebut bertanggung jawab terhadap sebagian besar kematian akibat malaria secara global. sedangkan P. vivax memiliki penyebaran yang lebih luas daripada P. falciparum, dan mendominasi di banyak negara di luar Afrika.

Gejala
Malaria adalah penyakit demam akut. Dalam individu tanpa kekebalan (non-imun), gejala muncul 7 hari atau lebih (biasanya 10-15 hari) setelah gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit (P. falciparum ataupun P. vivax). Gejala pertama biasanya terjadi demam, sakit kepala, menggigil dan muntah. Gejala ini biasanya terlihat ringan dan sulit diidentifikasi sebagai penyakit malaria. Jika tidak ditangani dalam waktu 24 jam, P. falciparum malaria dapat berkembang menjadi penyakit parah, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Anak-anak dengan malaria berat sering mengalami gejala seperti anemia berat dan gangguan pernapasan (berhubungan dengan asidosis metabolik). Di daerah endemik malaria, orang dapat mengalami kekebalan parsial, sehingga memungkinkan infeksi yang terjadi tanpa gejala.

Pada 2015, sekitar 3,2 miliar orang diseluruh dunia berisiko terinfeksi penyakit malaria. Sebagian besar kasus malaria dan kematian terjadi di Afrika. Namun, Asia, Amerika Latin, Timur Tengah dan sebagian Eropa, juga berisiko. Beberapa kelompok berisiko lebih tinggi tertular malaria, ini termasuk bayi, anak-anak di bawah 5 tahun, wanita hamil dan pasien dengan HIV / AIDS, serta wisatawan non-imun. Program pengendalian malaria nasional bahkan global perlu mengambil langkah-langkah khusus untuk melindungi kelompok populasi tersebut dari infeksi malaria, dengan mempertimbangkan keadaan khusus mereka.

Penularan
Dalam kebanyakan kasus, malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Ada lebih dari 400 spesies berbeda dari nyamuk Anopheles; sekitar 30 merupakan pembawa malaria ("vektor malaria") yang sangat penting. Semua spesies vektor menggigit antara sore-pagi. Intensitas penularan tergantung pada faktor-faktor yang berhubungan dengan parasit, vektor, manusia, dan lingkungan.

Nyamuk Anopheles bertelur di air, yang kemudian menetas menjadi larva, akhirnya muncul sebagai nyamuk dewasa. Nyamuk betina mencari makan berupa darah untuk memelihara telur mereka. Setiap spesies nyamuk Anopheles memiliki habitat perairan yang disukainya sendiri; misalnya, beberapa lebih suka di daerah sempit, dangkal, dan merupakan air tawar (contohnya genangan air).
Penularan lebih intens di tempat-tempat di mana umur nyamuk lebih panjang (karena parasit memiliki waktu untuk menyelesaikan perkembangannya dalam nyamuk), dan dimana ia lebih suka menggigit manusia. Umur nyamuk yang panjang dan kebiasaan menggigit manusia merupakan tipe nyamuk dari "spesies vektor" di Afrika. Inilah alasan utama mengapa hampir 90% kasus malaria di dunia terjadi di Afrika.

Penularan juga tergantung pada kondisi iklim yang dapat mempengaruhi jumlah dan kelangsungan hidup nyamuk, seperti pola curah hujan, suhu dan kelembaban. Di banyak tempat, penularan bersifat musiman, dengan puncaknya selama dan setelah musim hujan. Epidemi malaria dapat terjadi pada saat perubahan iklim di daerah di mana orang memiliki sedikit atau tidak adanya kekebalan terhadap malaria. Kekebalan manusia merupakan faktor penting, terutama dikalangan orang dewasa yang berada di daerah penularan sedang-intens. Kekebalan parsial dapat terjadi selama bertahun-tahun, tetapi tidak pernah memberikan perlindungan yang lengkap.

Pencegahan
Pengendalian "vektor" adalah cara utama untuk mencegah dan mengurangi penularan malaria. Jika cakupan intervensi pengendalian vektor dalam wilayah tertentu cukup tinggi, maka perlindungan akan terjadi di masyarakat. WHO merekomendasikan perlindungan bagi semua orang berisiko malaria dengan efektif mengendalikan "vektor malaria". Dua bentuk pengendalian vektor yaitu kelambu berinsektisida dan penyemprotan dengan insektisida residual.
Kelambu berinsektisida (ITN)
Jaring insektisida tahan lama (LLINs) adalah bentuk yang diinginkan dari ITN untuk program kesehatan masyarakat. WHO merekomendasikan cakupan LLINs untuk semua orang yang berisiko malaria. Cara yang paling efektif untuk mencapai ini adalah dengan memberikan LLINs gratis. Secara paralel, strategi komunikasi perubahan perilaku yang efektif diperlukan untuk memastikan bahwa semua orang berisiko malaria tidur di bawah LLINs setiap malam.
Penyemprotan ruangan dengan insektisida residual
Penyemprotan ruangan (IRS) dengan insektisida adalah cara yang ampuh untuk mengurangi penularan malaria. Penyemprotan efektif dilakukan setiap 3-6 bulan sekali, tergantung pada formulasi insektisida yang digunakan dan jenis permukaan yang disemprotkan.

Obat antimalaria juga dapat digunakan untuk mencegah malaria. Untuk wisatawan, malaria dapat dicegah melalui kemoprofilaksis. Bagi ibu hamil yang tinggal di daerah penularan sedang-tinggi, WHO menganjurkan pengobatan pencegahan intermiten dengan sulfadoksin-pirimetamin. Demikian pula untuk bayi yang tinggal di daerah tinggi penularan, 3 dosis pengobatan pencegahan intermiten dengan sulfadoksin-pirimetamin direkomendasikan bersama vaksinasi rutin.

Resistensi Insektisida
Banyak keberhasilan dalam mengendalikan malaria karena pengendalian vektor. Pengendalian vektor sangat tergantung pada penggunaan piretroid, yang adalah satu-satunya kelas insektisida yang saat ini direkomendasikan untuk ITN atau LLINs. Dalam beberapa tahun terakhir, resistensi nyamuk terhadap piretroid telah muncul di banyak negara. Di beberapa daerah, ketahanan terhadap 4 kelas insektisida yang digunakan untuk kesehatan masyarakat telah terdeteksi. Untungnya, resistensi ini jarang dikaitkan dengan keberhasilan penurunan LLINs, yang terus memberikan tingkat substansial perlindungan. Penggunaan dengan merotasi kelas insektisida yang berbeda untuk IRS direkomendasikan untuk mengelola resistensi insektisida.

Namun, daerah endemis malaria dari Afrika dan India menyebabkan keprihatinan yang signifikan karena tingginya tingkat penularan malaria dan laporan resistensi insektisida. Penggunaan dua insektisida yang berbeda dalam kelambu menawarkan kesempatan untuk mengurangi risiko resistensi. Deteksi resistensi insektisida harus menjadi komponen penting dari semua upaya pengendalian malaria.
Sumber data : WHO media centre
thumbnail

Deformasi Tektonik sebagai Dasar Bukaan dan Arah Urat

PENDAHULUAN
Terdapatnya suatu struktur tertentu di suatu tempat terbentuk karena suatu deformasi tektonik. Deformasi tektonik pembentuk struktur dapat dibedakan menjadi dua yaitu deformasi yang bersifat diskontinyu atau rapuh (brittle) dan deformasi yang bersifat kontinyu (ductile). Perbedaan ini terjadi karena beberapa faktor yaitu sifat fisik batuan yang mengalami deformasi, temperatur, dan tekanan yang dialami tubuh batuan selama berlangsungnya deformasi. Deformasi tektonik diskontinyu akan membentuk struktur geologi berupa sesar dan kekar, sedangkan struktur geologi kontinyu akan membentuk struktur berupa lipatan.

Sesar menurut Billings (1982) merupakan rekahan pada batuan yang telah mengalami pergeseran sehingga terjadi perpindahan dua dinding blok batuan yang saling berhadapan, sedangkan kekar merupakan rekahan yang relatif belum mengalami pergeseran. Sesar dan kekar merupakan bagian dari disintegrasi mekanis batuan dan akan mengalami erosi yang cepat di permukaan bumi sehingga membentuk bentang alam yang khas sebagai depresi topografi lokal, lembah sungai dan gawir sesar yang lazim disebut jejak sesar (fault traces). Kenampakan ini dapat dengan jelas nampak dari foto udara atau citra satelit sebagai suatu bentuk kelurusan. Struktur yang bekerja pada suatu tubuh batuan terjadi karena adanya gaya yang bekerja. Pola-pola kelurusan struktur yang dihasilkan dapat berupa pola yang baru maupun pola yang berasal dari reaktifitas terhadap struktur yang terjadi sebelumnya.

DASAR TINJAUAN BUKAAN DAN ARAH VEIN
A. Sistem Bukaan Urat
Di daerah mineralisasi akan ada hubungan spasial antara struktur mayor dengan proses mineralisasi yang terjadi. Secara regional suatu sistem struktur di daerah magmatic arc akan terbentuk adanya intrusi-intrusi baik yang mengisi daerah bukaan-bukaan yang ada maupun membentuk bukaan yang baru. Sehingga pada daerah struktur mayor akan terjadi beberapa aktivitas yang berhubungan dengan cebakan mineral (Corbett dan Leach, 1996) meliputi :
  1. Pre-mineralization yang mengontrol pada daerah cekungan sedimentasi di batuan induknya.
  2. Pre-mineralization intrusi atau breksi.
  3. Syn-mineralization pada lokasi sistem cebakan.
  4. Post-mineralization yang merupakan deformasi dari cebakan mineral.

Menurut Corbett dan Leach, 1996, didasarkan pada tatanan tektonik dan level erosi pada sistem hidrotermal, maka sistem bukaan cebakan dapat dibedakan menjadi beberapa yaitu :
  1. Splays atau horsetail yang berkembang di sepanjang struktur sesar relatif. Pada daerah ini merupakan agent utama terjadinya intrusi porpiri.
  2. Tension Fracture, terbentuk sebagai bukaan di batuan induk yang terletak di antara sesar strike-slip dan umumnya mempunyai orientasi yang tergantung dengan gaya (stress) utama. Tension fracture ini merupakan faktor dominan terjadinya sistem urat emas - perak. Karakteristiknya tercermin bahwa panjang dari kekar tarik akan berakhir sepanjang arah sesar.
  3. Jogs, terbentuk sebagai bends yang melintasi sepanjang struktur dan dipisahkan dengan kekar tarik, beberapa cebakan terjadi pada daerah jog ini.
  4. Hanging wall splits, terbentuk pada kemiringan zona sesar terutama pada sesar turun atau kemiringan perlapisan batuan yang terpotong oleh kemiringan bidang sesar.
  5. Pull-apart basin, yang terbentuk sebagai parallelogram yang terletak diantara 2 jalur sesar.
  6. Domes, terbentuk pada batuan dasar yang terisi oleh larutan hidrotermal pada suatu sistem urat mineralisasi.
  7. Ore shoots, umumnya merupakan perkembangan dari penambahan lebar suatu urat maupun bertambahnya kadar emas yang terbentuk oleh bertambahnya bukaan pada suatu sistem urat.
  8. Sheeted fracture, terbentuk pada lingkungan porpiri atau porpiri yang berhubungan dengan lingkungan breksi.
Gambar 1. Sistem bukaan urat (Corbett dan Leach, 1996)
Gambar 1. Sistem bukaan urat (Corbett dan Leach, 1996).


B. Analisa Arah Vein/Urat
Urat kuarsa pada prinsipnya terbentuk oleh larutan yang bersifat mengisi rekahan, oleh sebab itu pola urat yang terbentuk akan mengikuti pola rekahan. Bentuk urat dan impergensi digolongakan pada proses cavity filling (Sudrajat, 1982). Pada cebakan yang mengisi rongga terjadi 2 proses yaitu : pembentukan rongga dan pengisian larutan (Bateman, 1960). Sesar geser yang bersifat ekstensif akan terbentuk rekahan terbuka yang memungkinkan masuknya larutan hidrotermal pembentuk urat, sehingga urat akan terbentuk relatif sejajar dengan arah sesar.

Heru Sigit (2002), menyatakan bahwa urat hasil tegasan dan urat hasil tarikan di lapangan dapat dibedakan, yaitu urat kuarsa hasil tegasan memiliki ciri pecah-pecah (breciciated), kristal tidak baik, biasanya terbentuk mineral di bagian tengah atau tepinya dan urat hasil tarikan memiliki ciri kristal baik, membentuk struktur sisir (comb structure), mineral terkadang berada pada struktur sisirnya. (Gambar 2).

Gambar 2. Model sifat kekar dan urat kuarsa (Heru Sigit, 2002). Kekar tarikan (1a), kekar tekanan(1b), urat kuarsa tarikan (2a), urat kuarsa tekanan (2b), urat kuarsa tekanan membentuk penebalan dan penipisan (2c)
Gambar 2. Model sifat kekar dan urat kuarsa (Heru Sigit, 2002). Kekar tarikan (1a), kekar tekanan(1b), urat kuarsa tarikan (2a), urat kuarsa tekanan (2b), urat kuarsa tekanan membentuk penebalan dan penipisan (2c).


Beberapa lingkungan struktur bukaan cebakan batuan samping mengalami proses aktivitas selama terbentuknya, mulai dari pre sampai syn mineralisasi dan umumnya mengalami deformasi pada post mineralisasi pada suatu sistem cebakan. Model dari sistem struktur tersebut disebut sebagai Riedel Shear Model (Riedel, 1929 vide Harris, 1988).

Pada suatu zona sesar kemungkinan akan terbentuk adanya kekar tarik yang mempunyai pola searah dengan gaya utama. Pola sesar terbentuk dengan arah yang berlawanan merupakan sesar geser (slip) dan sesar normal mempunyai arah sejajar dengan arah gaya utama. Lowell 1995 dalam Harris 1985 mengemukakan suatu hasil percobaan yang dilakukan pada lempung yang diberi tekanan dari arah lateral dan vertikal, hasil tersebut akan membentuk pola struktur menyudut lancip dengan arah gayanya dan mempunyai pola penyebaran melingkar mengikuti bentuk kubah (Gambar 3). Di bagian tepi dari arah gaya utama akan terbentuk adanya rekahan yang kemudian mengalami depresi dengan bentuk lingkaran.

Gambar 3. Riedel Shear Model (a dan c) serta model bentuk sesar pada Lempung (Lowell, 1985) dalam Harris 1985
Gambar 3. Riedel Shear Model (a dan c) serta model bentuk sesar pada Lempung (Lowell, 1985) dalam Harris 1985.
loading...
loading...
loading...

Copyright © Geologinesia. Powered by Blogger