Tugas Grade Control Nikel Laterit

Ore Quality Control (OQC) adalah bagian dari Mine Ore Quality Assurance (MOQA) section biasanya dibawah Departemen Mining. Tugas Grade Control Nikel Laterit ( GC ) di lapangan adalah  mengawasi proses penambangan (stripping/mining) untuk menghasilkan ore dengan kadar nikel setinggi-tingginya yang bisa diolah oleh pabrik  dengan lancar dan optimal (kadar Ni, Fe dan S/M nya sesuai spesifikasi pabrik). Adapun proses pengawasan control di lapangan dilakukan dengan cara  mengarahkan operator dozer dan Back hoe/Front shovel.

Tugas Pengawasan Stripping dan Mining Ore

Saat stripping dilakukan, grade control harus mengarahkan operator alat (dozer dan back hoe/front shovel) agar : Ore cepat expose, tidak terjadi over stripping, dimana material ore tidak terbawa ke disposal pada saat stripping sudah memasuki zona top ore, dan material OB tidak terbawa ke Screening station. Saat mining ore, seorang grade control harus melakukan pengawasan agar : tidak terjadi over cut, dimana bedrock/bluezone material ikut tertambang (dilusi dari material blue zone), tidak terjadi dilusi dari Silika, serpentin, atau slag/ballast dari landasan loading point, material OB tidak terbawa ke Screening station dan material ore tidak terbawa ke disposal.

Tugas Melakukan Sampling

Cara pengawasan lain yang dilakukan yaitu dengan mengambil sample terhadap material yang akan ditambang (sampling) adalah :
  • Saat Stripping ; Sample ex stripping dan sample material top ore.
  • Saat Mining ; Sample persiapan mining, sample control mining (sample produksi), sample material top bedrock/bluezone.
  • Sample untuk tujuan tertentu, yakni sample cek special yang menggunakan patok/bendera atau tidak. Sample ini untuk mengetahui kadar Ni dan fe pada lokasi tertentu di face yang sedang aktif untuk menyiapkan alternative lokasi mining jika diperlukan.
Grade control melakukan sampling top ore
Kegiatan sampling top ore nikel laterit

Untuk mengenali bendera sample di lokasi tambang :
  • Bendera Putih :  Lokasi tersebut belum keluar hasil analisa samplenya.
  • Bendera Merah : Lokasi tersebut adalah daerah OB (misal Ni kurang dari 1.35%).
  • Bendera Kuning : Lokasi tersebut adalah daerah MGL (misal Ni 1.35 – 1.50%).
  • Bendera Hijau : Lokasi tersebut adalah daerah Ore (misal Ni diatas 1.50%).
  • Bendera biru : Lokasi tersebut adalah daerah Bluezone (misal Ni kurang dari 1.50% atau Cut of Grade (COG) dan Fe kurang dari 10%).
Catatan : Penetapan kadar Ni & Fe pada OB, MGL, Ore, Bluzone berbeda-beda di setiap perusahaan tambang nikel laterit.

Kode-kode manual yang menjadi sarana komunikasi dilapangan contohnya seperti :
  • Acungan jari Jempol : misal aktifitas yang berlangsung adalah mining ore.
  • Acungan jari kelingking : misal aktifitas yang berlangsung adalah stripping.
  • Acungan jari Jempol dan Kelingking bergantian : misal aktifitas yang berlangsung adalah stripping dan mining secara bergantian.
Komentar