Monday, November 2, 2015

Mengenal Patok Survey Tambang

Mengenal Patok Survey Tambang adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang surveyor. Patok survey tambang adalah patok yang dipasang oleh crew survey yang berfungsi untuk menuntun bagi pekerja di lapangan untuk membuat suatu kontruksi sesuai rencana yang sudah ditetapkan. Sesuai dengan fungsinya, selayaknya patok - patok survey ini harus dijaga dan dipelihara sampai kontruksi di lokasi tersebut selesai dilakukan. 

JENIS-JENIS PATOK SURVEY TAMBANG

Ada beberapa jenis patok survey tambang yang sudah distandarisasi dan diberlakukan dibeberapa perusahaan untuk diterapkan dilapangan, antara lain:

Patok Kontrol Point

Patok ini merupakan patok permanen yang terbuat dari semen beton dimana bagian atasnya terdapat besi kecil. Fungsi dari patok kontrol point ini sebagai dasar acuan pengambilan data bagi crew survey untuk memasang patok – patok survey lainnya pada daerah – daerah yang terletak di sekitar lokasi patok tersebut.

Gambar 1. Patok Kontrol Point
Gambar 1. Patok Kontrol Point

Patok Poligon

Patok semi permanent yang terbuat dari kayu ini merupakan lanjutan dari patok kontrol point karena datanya berasal dari patok kontrol point tersebut. Patok ini dipasang didekat lokasi kontruksi pada daerah yang diperkirakan tidak terganggu untuk waktu yang cukup lama. Dari patok inilah data diambil untuk selanjutnya dipakai sebagai data acuan untuk pemasangan patok-patok survey lainnya di lapangan.

Gambar 2. Patok Poligon, kiri tampak depan, kanan tampak belakang.
Gambar 2. Patok Poligon, kiri tampak depan, kanan tampak belakang.

Patok Ajir – Ajir

Patok ini tidak permanent dan terbuat dari kayu yang diatasnya dipasang pita berwarna merah yang disebut ajir-ajir. Patok ini dipasang di lapangan untuk memandu pekerja lapangan dalam hal :
  • Memandu batas-batas daerah yang akan di clearing (clearing limit) yaitu pembersihan lokasi dari pepohonan.
  • Sebagai batas ujung kaki disposal, yaitu batas paling ujung dimana tumpahan material dari kegiatan disposal di izinkan.
  • Sebagai panduan titik tengah pembuatan jalan (center line jalan).
Gambar 3. Patok Ajir-Ajir
Gambar 3. Patok Ajir-Ajir


Patok Stripping Limit

Patok ini terbuat dari kayu yang dipasang di lokasi yang akan dilakukan pengupasan tanah atas (overburden). Fungsi patok ini sebagai panduan untuk batas stripping limit dengan arah slope yang sudah ditentukan pada patok tersebut. Kedalaman penggalian ditentukan sampai patok berikut yang akan dipasang atau sampai kaki ore.

Gambar 4. Patok Stripping limit
Gambar 4. Patok Stripping limit

Patok Stake out

Patok stake out ini bentuknya hampir sama dengan patok stripping limit, kegunaannya untuk memandu dalam pemotongan lereng – lereng yang akan dibentuk, misalnya lereng-lereng jalan, lereng batas penggalian tambang, dsb.

Gambar 5. Patok Stake Out
Gambar 5. Patok Stake Out

Patok Stake Out tunggal

Patok ini dipasang pada kontruksi pembuatan jalan, yang fungsinya untuk memberi informasi apakah jalan yang sudah dikerjakan, elevasi permukaan akhirnya sudah mencapai elevasi seperti yang direncanakan atau belum.

Gambar 6. Patok Stake Out tunggal
Gambar 6. Patok Stake Out tunggal

Patok Kontrol Level

Patok tunggal yang terbuat dari kayu yang biasanya dipasang di dekat lokasi loading point atau disposal atau lokasi suatu pekerjaan kontruksi. Ada 2 jenis patok kontrol level ini, yakni :
a. Patok kontrol level loading point
Patok yang ditempatkan pada setiap loading point ini bertujuan untuk memberi informasi kepada crew mine operation di lapangan mengenai elevasi yang actual tercapai, agar supaya mereka mengetahui apakah elevasi yang ada sekarang sudah sesuai dengan rencana atau belum.

Gambar 7. Patok kontrol level loading point
Gambar 7. Patok kontrol level loading point

b. Patok kontrol level disposal
Patok ini ditempatkan di disposal, fungsinya untuk menginformasikan pekerja di lapangan mengenai elevasi yang aktual tercapai di lapangan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai elevasi yang ingin direncanakan.

Gambar 8. Patok kontrol level disposal
Gambar 8. Patok kontrol level disposal

Patok Petunjuk arah

Patok yang dipakai sebagai pemandu arah bagi pekerja di lapangan, arah yang dipandu biasanya adalah arah penggalian bagi loading point yang baru atau arah penimbunan material bagi disposal yang baru.

Gambar 9. Patok petunjuk arah
Gambar 9. Patok petunjuk arah

Patok Butter Board

Patok yang dipasang pada lokasi pembuatan jalan yang berfungsi untuk membantu mengarahkan apakah grade/kemiringan jalan yang sudah dibuat sesuai atau tidak dengan rencana yang ditetapkan.

Gambar 10. Patok Butter Board
Gambar 10. Patok Butter Board

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner