Sunday, November 8, 2015

Manfaat Apel untuk Diet dan Kesehatan

loading...
Manfaat Apel Untuk Diet dan Kesehatan
Manfaat Apel untuk Diet dan Kesehatan ~ Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel kulitnya biasa berwarna merah jika telah matang (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini juga memiliki beberapa biji di dalamnya. Buah Apel mulai pertama kali ditanam di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar). Buah cantik ini banyak dikonsumsi untuk membantu diet bahkan untuk menjaga kesehatan. Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari sebuah apel, simak ulasan dibawah ini mengenai manfaat apel untuk diet dan kesehatan.

Manfaat Apel untuk Diet

Manfaat apel untuk diet merupakan salah satu yang paling terkenal di jagad raya, termasuk di seluruh Indonesia. Bagaimana buah apel dapat membantu diet harian anda agar sukses? Cara kerja apel untuk diet hampir sama dengan manfaat beras merah yaitu dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah ini membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita. Lalu apa hubungannya? ini akan sangat membantu agar asupan makanan/nafsu makan makanan berkalori tinggi dapat kita minimalisir. Ketika lambung telah terdapat glukosa, lambung merasakan lapar dan memerintahkan otak untuk mencari makanan. Pektin yang ada dalam apel juga menjadikan kamu merasa tetap kenyang, meski hanya makan satu buah apel pada waktu makan pagi. Untuk itulah para ahli menganjurkan apel untuk menu utama dietmu.

Manfaat Apel untuk Kesehatan

1. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan yang ada pada buah apel mampu menghindarkan kamu dari sel kanker, dan mencegah sel kanker yang mematikan. Menurut penelitian yang dilaksananakan oleh Institut di Amerika mengatakan bahwa apel mampu mencegah sel kanker berkembang di dalam tubuh sebanyak 17 persen.

2. Membantu kerja usus halus
Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus. 

3. Mencegah Diabetes
Buah apel mampu mengurangi risiko diabetes. Filopenol yang ada dalam kandungan buah apel mampu menyerap karbohidrat yang bisa menjaga gula darah di dalam tubuh. Sehingga para dokter menganjurkan apel sebagai menu diet bagi penderita diabetes. 

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang 
Kalsium amatlah baik untuk menjaga kekuatan tulang. Buah apel banyak memiliki kandungan kalsium, antioksidan yang mampu meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu buah apel juga memiliki kandungan flavon yang baik untuk mencegah osteoporosis. 

5. Mencegah Asma 
Apabila kamu mempunyai penyakit asma, coba untuk rutin mengonsumsi buah apel. Apel adalag sumber vitamin C yang baik, kandungan nutrisinya mampu menjaga tubuh tetap segar dan juga fit. Selain itu asam yang ada dalam kandungan buah apel mampu membantu penderita asma untuk bernapas lebih lega. 

6. Kesehatan Otak
Buah Apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegak stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.

7. Mencegah Parkinson
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapatkan manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

8. Mencegah batu empedu 
Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik untuk kesehatan.

9. Mencegah katarak
Untuk manfaat apel yang satu ini, meskipun penelitian sebelumnya belum terlalu meyakinkan mengenai manfaat apel untuk katarak. Namun studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan katarak. 

10. Mencegah wasir 
Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anal walau tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ saat pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.

Sumber: Wikipedia, Rancahpost.
loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner