Kemampuan Berpikir Matematis, Kritis, dan Kreatif

Kemampuan berpikir matematis adalah kemampuan seseorang untuk mampu berpikir logis dan sistematis dalam menghadapi berbagai masalah baik dalam matematika maupun dalam menyelesaikan masalah kehidupannya. Kemampuan ini berhubungan dengan daya matematis yaitu kemampuan seseorang untuk mampu menghubungkan fakta dan bukti sehingga memungkinkan sampai pada suatu kesimpulan yang tepat.

Hubungan Berpikir Matematis, Kritis, dan Kreatif

Daya matematis dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang berkaitan dengan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Hal ini sesuai dengan dugaan bahwa kemampuan berpikir matematis adalah salah satu penentu tentang kecerdasan seseorang sebagai prasyarat bagi pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

Penelitian Mann (2005) menyatakan bahwa prestasi belajar matematika yang mencerminkan kecerdasan, merupakan salah satu penduga yang signifikan bagi kreativitas. Tetapi penelitian yang berkaitan dengan dugaan tersebut masih sangat sedikit dilakukan oleh para peneliti.

Baca juga : Bagaimana Mengembangkan Kecerdasan Emosional

berpikir matematis, kritis dan kreatif
Gambar ilustrasi kemampuan berpikir matematis.

Cara Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis

Pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif menjadi esensial bagi setiap orang, sebagai bekal agar mampu membuat pertimbangan atau mengevaluasi pernyataan, melakukan analisis sebelum membuat keputusan, dan mampu membuat argumen untuk mempertahankan pendapat. Selain itu, dalam semua disiplin ilmu dan dunia kerja mensyaratkan seseorang untuk mampu :
  1. Memiliki kepercayaan diri 
  2. Memiliki motivasi berprestasi 
  3. Menguasai keterampilan-keterampilan dasar; seperti keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, dan melek komputer 
  4. Menguasai keterampilan berpikir; seperti mengajukan pertanyaan, mengambil keputusan, berpikir analitis, kritis, dan berpikir kreatif 
  5. Menguasai keterampilan interpersonal; seperti kemampuan berkerjasama dan bernegosiasi

Baca juga : Ciri-ciri dan Kemampuan Kecerdasan Emosional

Referensi: Mann, E. L. (2005), Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of Mathematical Creativity in Middle School Students. Disertasi pada University of Connecticut. McGregor, D. (2007), Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open University Press. Nakin, J.B.N. (2003), Ceativity and Divergent Thinking in Geometry Education. Disertasi Pada University of South Africa.

Kemampuan Berpikir Matematis, Kritis, dan Kreatif