Monday, November 23, 2015

Bagaimana Mengembangkan Kecerdasan Emosional

loading...
Perbedaan dalam pendidikan emosi menghasilkan keterampilan-keterampilan yang berbeda. Kaum perempuan mahir membaca sinyal emosi verbal maupun nonverbal, serta  mahir mengungkapkan dan mengkomunikasikan perasaan-perasaannya. Sedangkan kaum laki-laki menjadi cakap dalam meredam emosi berkaitan dengan perasaan salah, takut atupun sakit. Dalam proses pembelajaran, penetapan kecerdasan emosional dapat dilakukan secara luas dalam berbagai sesi, aktivitas, dan bentuk-bentuk spesifik pembelajarannya. Upaya-upaya untuk  Mengembangkan Kecerdasan Emosional diantaranya adalah : kecerdasan emosional anak, kecerdasan emosional anak usia dini.
Melatih kecerdasan emosional, faktor kecerdasan emosional, pengaruh kecerdasan emosional.

Mengembangkan Kecerdasan Empati dan Kepedulian

Empati adalah suatu sikap atau kemampuan menempatkan diri sendiri dalam posisi orang lain, sehingga dirinya mampu merasakan apa yang orang lain rasakan. Beberapa cara untuk mengembangkan sikap empati dan peduli adalah :
  • Memperketat tuntutan mengenai sikap peduli dan tanggung jawab
  • Mengajarkan dan melatih mempraktekkan perbuatan-perbuatan baik
  • Melibatkan di dalam kegiatan-kegiatan layanan masyarakat.
bagaimana mengembangkan kecerdasan emosional
Gambar ilustrasi mengembangkan kecerdasan emosional.

Mengajarkan dan Mengembangkan Kejujuran Serta Integritas

Menurut Paul Ekman, penulis buku Why Children Lie, ada bermacam-macam alasan mengapa orang tidak berkata benar; sebagian dapat dimengerti, sebagian yang lain tidak. Anak kecil paling sering berbohong dengan maksud untuk menghindari hukuman, untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan, atau untuk mendapatkan pujian dari sesama teman. Anak remaja sering berbohong untuk melindungi privasinya, untuk menguji kewibawaan orangtua dan untuk melepaskan diri dari rasa malu.

Berbohong mengenai masalah serius bukan hanya merupakan suatu masalah yang nantinya akan mempersulit tugas orang tua. Berbohong mengikis kedekatan dan keakraban. Kebiasaan berbohong menumbuhkan benih ketidakpercayaan, karena perbuatan ini mengkhianati kepercayaan orang lain. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kejujuran antara lain :
  • Usahakan agar kejujuran terus menjadi topik perbincangan dalam rumah tangga, kelas, dan sekolah
  • Membangun kepercayaan
  • Menghormati privasi diri seseorang

Mengajarkan dan Mengembangkan Cara Memecahkan Masalah

Hal sangat penting yang harus diketahui para pendidik adalah kemampuan memecahkan masalah merupakan bagian yang menyatu dengan proses pertumbuhan. Pertumbuhan intelektual dan emosional didorong oleh proses pemecahan masalah. Seperti keterampilan EQ yang lainnya, kemampuan untuk memecahkan masalah umumnya sejalan dengan peningkatan usia. Indikator kecerdasan emosional.

Setiap orang sanggup memecahkan masalah yang lumayan rumit bila mereka terbiasa dibimbing menggunakan istilah-istilah yang akrab dan kongkrit bagi mereka. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, harus sesering mungkin diajak untuk memecahkan masalah yang sesuai dengan tingkat usia dan pengalaman yang telah didapat. Meningkatkan kecerdasan emosional.

loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner