Saturday, October 3, 2015

Perbandingan Epsilon dan Nitton

loading...
Pada suatu proyek eksplorasi nikel laterit, dimana kita hanya mempunyai alat analisa sampel berupa nitton, maka sangat penting untuk memahami perilaku nitton yang kita punyai tersebut. Perlu selalu dilakukan kalibrasi bahkan dengan melakukan perbandingan dengan alat lain yang lebih akurat pembacaannya seperti epsilon. Contoh kasus dibawah ini akan membahas hal tersebut, dimana penulis pernah melakukan validasi data perbandingan nitton terhadap epsilon3 dan beberapa hasilnya cukup riskan untuk dipertanggung jawabkan keakuratannya.


Analisa Perbandingan Epsilon Vs Nitton

Dilakukan analisa perbandingan pada sampel dengan Kode Hole CP0573 dan CP0625 dengan total sample 45 pcs, untuk mendapatkan Selisih Epsilon dan Nitton. Karakteristik Nitton ini akan sangat penting, karena sampai saat ini dari total Hole 174 yang telah dianalisa, 66.67% Hole dianalisa memamakai Niton dan 33.33% Hole memakai Epsilon. Berdasarkan prosentase diatas maka dapat dikatakan perlakuan perbandingan pada 2 hole saja belum cukup mewakili dari total 174 hole, tetapi paling tidak kita mempunyai gambaran perilaku Nitton terhadap Epsilon. Hal ini sangat berpengaruh nanti pada saat perhitungan sumberdaya pada penentuan "Cut Off Grade" (COG) apakah harus dinaikan ataukah diturunkan. Dari Data diperoleh hasil sebagai berikut : 

Perbandingan Epsilon Vs Niton pada Semua Sampel

Dari total 45 sample yang dilakukan perbandingan maka diperoleh hasil dimana didapatkan selisih kadar Ni antara Epsilon3 dan Nitton adalah sebesar 0,12% dengan Real Diff adalah 7.22%, mengindikasikan pembacaan Nitton Lebih Tinggi dibandingkan Epsilon3, sedangkan untuk Fe Selisihnya adalah 0.39%, dengan Real Diff 1.70% dimana pembacaan Nitton lebih tinggi daripada Epsilon3. 

Perbandingan Epsilon Vs Niton pada Layer Limonit

Dari total 14 sample yang divalidasi merupakan Layer Limonit dan dilakukan perbandingan maka diperoleh hasil dimana didapatkan selisih kadar Ni antara Epsilon3 dan Nitton adalah sebesar 0.00% dengan Real Diff adalah 0.50%, mengindikasikan pembacaan Nitton aman pada Layer Limonit, sedangkan untuk Fe Selisihnya adalah -0.52%, dengan Real Diff -1.16%, dimana pembacaan Nitton Lebih Rendah daripada Epsilon3. 

Perbandingan Epsilon Vs Niton pada Layer Saprolit

Dari total 21 sample yang divalidasi merupakan Layer Saprolit dan dilakukan perbandingan maka diperoleh hasil dimana didapatkan selisih kadar Ni antara Epsilon3 dan Nitton adalah sebesar 0.20% dengan Real Diff adalah 8.37%, mengindikasikan pembacaan Nitton lebih tinggi pada Layer Saprolit dibandingkan Epsilon3, sedangkan untuk Fe Selisihnya adalah  1.08%, dengan Real Diff 7.06%, dimana pembacaan Nitton Lebih Tinggi daripada Epsilon3.


Berdasarkan analisa perbandingan di atas maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Perbandingan Epsilon Vs Nitton terhadap keseluruhan sample yaitu : Untuk Ni didapatkan bahwa Pembacaan Nitton Lebih Tinggi 0,12 daripada Epsilon3 dengan Real Diff 7.22%, Untuk Fe didapatkan bahwa Pembacaan Nitton Lebih Tinggi 0,39 daripada Epsilon3 dengan Real Diff 1.7%. Perbandingan Epsilon Vs Nitton terhadap sample Layer Limonit yaitu : Untuk Ni didapatkan bahwa Pembacaan Nitton cenderung sama dengan Epsilon3 dengan Real Diff 0.50%, Untuk Fe didapatkan bahwa Pembacaan Nitton Lebih Rendah 0,52 daripada Epsilon3 dengan Real Diff 1.16%. Perbandingan Epsilon Vs Nitton terhadap sample Layer Saprolit yaitu : Untuk Ni didapatkan bahwa Pembacaan Nitton Lebih Tinggi 0,20 daripada Epsilon3 dengan Real Diff 8.37%, Untuk Fe didapatkan bahwa Pembacaan Nitton Lebih Tinggi 1,08 daripada Epsilon3 dengan Real Diff 7.06%.

Hasil perbandingan epsilon dan nitton
Gambar hasil perbandingan epsilon dan nitton.

Dari data analisa perbandingan dapat terlihat adanya selisih yang besar antara Nitton dan Epsilon khususnya pada Ni di Layer Saprolit, mengindikasikan bahwa terjadi kondisi yang tidak stabil Nitton ketika melewati sample yang high grade. Untuk menghindari penurunan pencapaian grade Ni pada saat penambangan, untuk sementara waktu sebaiknya CoG dibuat lebih tinggi, sampai didapatkan selisih grade antara Nitton dengan Epsilon yang lebih representatif.
loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner