Monday, October 26, 2015

Memahami Tekanan Darah (Blood Pressure)

loading...
Tekanan darah normal adalah penting untuk hidup. Tanpa tekanan yang memaksa darah mengalir di sekitar sistem peredaran darah, tidak akan ada oksigen atau nutrisi yang disampaikan melalui arteri ke jaringan dan organ. Tekanan yang tidak sehat dikenal dengan istilah tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tekanan darah rendah (hipotensi). Apa itu tekanan darah ???.
Tekanan darah adalah kekuatan darah yang bergerak melalui sistem peredaran darah kita. Tanpa tekanan darah, jaringan dan organ tidak akan mendapatkan oksigen dan nutrisi. Tekanan darah juga sangat penting karena memberikan sel darah putih dan antibodi untuk kekebalan, dan hormon seperti insulin. Sama pentingnya dengan memberikan oksigen dan nutrisi, darah segar yang dialirkan mampu mengambil produk sisa metabolisme yang beracun, termasuk karbon dioksida yang kita buang setiap bernapas, dan racun melalui hati dan ginjal. Darah membawa sejumlah identitasnya sendiri, termasuk suhu. Hal ini berdampak pada kekebalan kita terhadap kerusakan jaringan dan pembekuan trombosit.

Jadi, apa sebenarnya yang menyebabkan darah mengerahkan tekanan di arteri kita? jawabannya sederhana, yaitu hati. Hati kita menciptakan tekanan yang memaksa darah keluar ketika kontraksi detak jantung. Perlu diperhatikan disini bahwa tekanan darah tidak dapat dibuat sendiri oleh pompaan jantung. Darah mengalir melalui tubuh kita karena adanya perbedaan tekanan. ini sama artinya dengan arus listrik, dimana potensial listrik atau tegangan memaksa arus listrik melalui kawat.

Tekanan darah tertinggi berada pada awal perjalanan dari hati, ketika memasuki aorta dan arteri tekanan akan semakin merendah. Perbedaan tekanan tersebutlah yang menyebabkan darah mengalir di tubuh kita. Tanpa sifat elastis dinding arteri, tekanan darah tetap akan cepat seperti pada awal dipompa dari jantung. Jadi hati menciptakan tekanan maksimum, sedangkan sifat arteri mempertahankan dan memungkinkan darah mengalir ke seluruh tubuh.

Kondisi arteri memiliki efek pada tekanan dan aliran darah. Pada kondisi penyempitan pembuluh darah akan terjadi pemblokiran pasokan darah, inilah pemicu terjadinya serangan jantung. Serangan jantung sering menghasilkan stroke karena aliran darah dari arteri ke otak terhambat.
Adapun tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga tekanan darah kita selalu normal adalah sebagai berikut :
  1. Menjaga berat badan yang sehat
  2. Banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak
  3. Mengurangi asupan natrium (garam)
  4. Berolahraga secara teratur (aerobik) misalnya jalan cepat, setidaknya 30 menit sehari, setiap hari dalam seminggu.
  5. Mengurangi konsumsi alkohol (maksimal 2 gelas sehari untuk pria dengan berat badan normal dan 1 gelas sehari untuk wanita / pria dengan berat badan yang lebih ringan.
  Sumber : Markus MacGill (Medical USA)
loading...
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner